Dinsos Babel Kerahkan 30 Anggota Tagana di GERMAS Serentak

  • Whatsapp
Anggota Tagana Babel turut serta membantu menyiapkan makanan melalui dapur Tanaga di Giat GERMAS Serentak, Jumat (13/3/2020).(foto: istimewa).

RAKYAT POS.COM, KOBA – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) menginisiasi kegiatan masyarakat hidup sehat yang dilakukan serentak di seluruh wilayah administratif Babel. Salah satu inti dari kegiatan ini adalah memberikan penyuluhan yang diharapkan menjadi suatu langkah protektif terhadap epidemi Covid -19 atau lebih dikenal dengan virus corona.

Dinas Sosial berpartisipasi dalam kegiatan yang dikoordinir oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik dengan menurunkan 30 orang Anggota TAGANA Provinsi beserta Kendaraan operasional dapur umum.

Read More

Penyelenggaraan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang secara simultan dan serentak ini, merupakan instruksi Gubernur Babel Erzaldi Rosman, yang dijelaskan secara gamblang dalam surat Nomor : 440/0956/1 tanggal 09 maret 2020 tentang hal, cegah corona dengan melibatkan elemen masyarakat.

Instruksi tersebut ditujukan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Babel wajib untuk mendukung serta memfasilitasi secara aktif dengan Pemerintah Kabupaten, Kecamatan hingga kelapisan masyarakat.

Aziz Harahad selaku Kepala Dinas Sosial Babel berharap kegiatan serupa tidak hanya berhenti dikala ketika dihadapkan oleh epidemi virus yang mendunia, seharusnya dalam kondisi apapun wajib untuk beraktivitas yang bermuara pada kebersihan lingkungan dan juga dapat memupuk, mengembangkan dan mengeratkan kedekatan emosial dalam interaksi sosial.

Kegiatan GERMAS di Kecamatan Koba sendiri digelar di 2 lokasi berbeda, pertama di halaman Kantor Camat Koba dengan kegiatan penyuluhan kesehatan dan prevensi bahaya virus corona dan senam pagi. Sedangkan giat yang dimotori Tagana Babel dan Tagana Kabupaten Bangka Tengah fokus di Pantai Atok Amir. Giat bersih pantai juga diikuti oleh masyarakat sekitar.

Kepala Dinas Dinsos Kabupaten Bangka Tengah Risaldi Adhari menyampaikan, bukanlah epidemi virus yang menyatukan semua, akan tetapi kesadaran untuk berbudaya hidup bersihlah yang membuat bersatu dalam perspektif yang sama.

Melalui Kabid Linjamsos Edy Laksamana Babel sangat mensupport Germas untuk pola hidup sehat, guna menanggulangi dan mencegahan mewabahnya virus Corona, menghindari bepergian dengan alasan yang tidak terlalu urgen. “Pola makan yang baik serta olahraga yang teratur dapat memperkuat imunitas kita,” ujarnya.(rell/3).

JustForex

Related posts