by

Dinkop & UMKM Sediakan Layanan Konsultasi Gratis

-Berita Kota-296 views

Bagi Pelaku Usaha Mikro & Menengah

PANGKALPINANG- Bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Bangka Belitung (Babel) bingung untuk mengembangkan usahanya, Dinas Koperasi dan UMKM Babel, menyediakan layanan konsultan gratis di PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu) Koperasi UMKM Babel.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Babel, Elfiyena mengajak pelaku UMKM untuk tidak sungkan mendatangi klinik bagi UMKM yakni PLUT Dinas Koperasi UMKM baik di Bangka maupun di Belitung.

Untuk di Bangka dipusatkan di PLUT Jalan Pulau Pelepas, tak jauh dari bandara baru, sementara di Belitung ada di Tanjungpandan.

“Kita ada konsultan dan pendampingan lapangan, ada tujuh bidang konsultan untuk membantu pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya, disana gratis, gak dipungut biaya,” terang Elfiyena, Kamis (19/7/2018).

Pelaku usaha, kata Elfi bisa mendiskusikan apa saja menyangkut bidang kerja sama, teknologi, promosi, sumber daya manusia, pemasaran, pembiayaan dan kelembagaan.

“Masing-masing bidang ini ada 1 orang konsultannya. Silahkan diskusikan disana, misalnya UMKM belum kuat dari sisi kelembagaannya kita arahkan mereka harus punya IUMK, PIRT, halal, ini kita kasih tau mereka harus kemana, seperti promosi yang tadinya mereka belum kenal dunia digital kita arahkan termasuk untuk foto produk, kemudian untuk pemasaran mereka kita bantu untuk desain kemasan produk dan lainnya,” beber Elfi.

Tujuan layanan ini, katanya, untuk memberikan pemahaman kepada pelaku usaha sehingga bisa mengembangkan usahanya dan naik kelas dari usaha mikro ke usaha kecil, usaha kecil menjadi menengah hingga besar dan berkembang.

“Kemudian dari segi produksi, bagaimana mengolah, pembiayaan dan bagaimana meningkatkan motivasi untuk berusaha, bagaimana memasarkan, nanti semua dibantu,” tambahnya.

Sejauh ini, sudah cukup banyak pelaku UMKM yang mendatangkan PLUT ini, dengan berkonsultasi dan saling berkoordinasi.

Layanan ini, ia menambahkan, dibuka setiap hari kerja dan nantinya konsultan juga mengunjugi lokasi usaha UMKM untuk melakukan peninjauan.

Selain UMKM yang datang langsung, para konsultan yang berkecimpung di PLUT ini juga melakukan pembinaan lapangan. Dimana saat ini ada sekitar 35 UMKM per kabupaten yang intens dibina.

“Kita mengarahkan dan mendampingi apa yang menjadi kendala mereka. Tujuannya mereka berkembang, omsetnya bertambah, pangsa pasarnya meluas, kalau kurang modal kita berikan akes baik itu ke perbankan maupun membuat proposal,” pungkasnya. (nov/10)

Comment

BERITA TERBARU