Dinas Pertanian Siapkan 1.230 Sapi & Kambing

  • Whatsapp

Untuk Memenuhi Kebutuhan Daging Masyarakat

KOBA – Menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H, Dinas Pertanian Bangka Tengah telah menyiapkan sebanyak 1.230 ekor hewan ternak dalam perayaan Hari Raya Idul Adha.

Baca Juga

Hewan itu, terdiri dari 600 ekor Kambing dan 630 Ekor Sapi untuk diperdagangkan dalam memenuhi kebutuhan daging masyarakat.

Selain persediaan hewan kurban, Dinas Pertanian juga turut menyiapkan tukang jagal di beberapa titik di wilayah Bangka Tengah mengingat kebutuhan daging yang mencakup sekala besar saat lebaran nanti.

“Sudah kita siapkan penjagalan di beberapa titik-titik, seperti di Kampung Dul dan Pangkalan Baru yang memiliki persediaan hewan kurban yang cukup banyak yakni kambing 350 ekor dan sapi 150 ekor,” kata Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah, Rusli Khaidir, Rabu (31/07/2019).

Selain itu, di Desa Mangkol juga akan dikirim penjanggalan, karena ada 60 ekor sapi dan 50 ekor kambing akan diqurbankan. Terakhir di Koba sebanyak 300 ekor sapi dan 300 ekor kambing.

“Untuk jenis sapi yang tersedia di Bangka Tengah rata-rata berasal dari Madura, Jawa Timur dan Lampung. Untuk jenis sapi banyak Sapi Madura dan Sapi Limosin,” sebut Rusli.

Untuk kambing sendiri, kebanyakan berasal dari Lampung yang berjenis kambing kacang, Peranakan Etawa dan Kambing Bur.

“Menjelang lebaran, kami tidak menutup kemungkinan akan menambah jumlah persediaan sapi dan kambing karena mengingat sering melonjaknya permintaan warga akan kebutuhan terhadap hewan kurban,” tutup Rusli. (ran/3).

Related posts