by

Dinas Pertanian Serahkan 60 Sapi Brahman Cross

Penyerahan bantuan sapi bersumber dari APBD Babel dalam acara Gebyar Produk Peternak di halaman GOR Sahabudin Pangkalpinang, Kamis (8/11/2018). (foto: Nurul Kurniasih)

Untuk Empat Kelompok Ternak
Gebyar Peternak Diapresiasi

PANGKALPINANG- Dinas Pertanian Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyerahkan bantuan ternak kepada kelompok ternak yang ada di provinsi itu. Bantuan sapi jenis Brahman Cross ini bersumber dari dana APBD dan juga APBN.

“Ada 60 ekor yang dibagikan untuk empat kelompok di Kabupaten Bangka Tengah dan juga balai benih,” kata Kabid Peternakan Dinas Pertanian Babel, Nurhayati kepada wartawan, disela acara Gebyar Produk Peternak di halaman GOR Sahabudin Pangkalpinang, Kamis (8/11/2018).

Selain itu, dia menambahkan, Pemprov Babel juga mengalokasikan 112 sapi jenis peranakan ongole (PO) yang dibagikan kepada delapan kelompok ternak di Babel.

“Bantuan melalui APBD rencananya 112 ekor untuk delapan kelompok, tiga Bangka Tengah, dua Bangka Selatan, dua Bangka Barat dan satu ekor untuk Kabupaten Bangka. Ada juga bantuan mesin pencacah pelepas sawit untuk kelompok di Bangka Tengah dan dua di Bangka Barat,” katanya.

Bantuan sapi yang diberikan, katanya, untuk meningkatkan populasi sapi di Babel, sehingga nantinya diharapkan perkembangbiakan sapi semakin meningkat dan dapat memenuhi kebutuhan lokal.

Dalam gebyar peternak ini, selain diserahkan bantuan sapi, juga diselenggarakan kontes sapi antarpeternak, pasar tani dan stand yang menampilkan berbagai macam hasil pertanian, produk pertanian dan peralatannya.

“Tujuannya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada peternak kelompak pernak, memberikan kelembagaan dalam mendorong tumbuhnya kembang peternak,” katanya.

Untuk kontes ternak hasil IB (Inseminasi Buatan) baru pertama dilakukan untuk mendukung upaya khusus sapi indukan wajib bunting (Upsus Siwab) guna tingkatkan populasi dan produktivitas ternak. Dalam kesempatan ini, juga dilaksanakan gerakan minum susu dan makan telur ayam untuk anak SD.

Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Setda Pemprov Babel, Haryoso mengapresiasi gebyar peternak yang digelar oleh dinas pertanian. Dia berharap bisa digelar setiap tahun dalam rangka memotivasi peternak untuk menjadi peternak yang berkualitas.

“Menjadi peternak tidak sembarangan, harus memiliki keahlian bagaimana dalam beternak, merawat hewan peliharaan, pemenuhan pakan dan lainnya,” kata Haryoso.

Dia juga menyambut baik, gerakan ABC (Anak Babel Cerdas), dimana gerakan ini harus disosialisasikan, walaupun kecerdasan tidak hanya intelektual tapi juga spritual. Dengan gerakan minum susu dan makan telur ayam, dapat memenuhi kebutuhan akan protein.

“Penyediaan protein hewani memegang peranan penting karena memiliki banyak keunggulan, rasa enak, mudah dicerna, kaya protein asam amino esensial, kaya mineral, lemak, B 6 B 12 dan asam folat,” rincinya.(nov)

Comment

BERITA TERBARU