Dinas Pertanian Fokus Perbaiki Irigasi Sawah

  • Whatsapp

PANGKALPINANG- Kepala Dinas Pertanian (Distan) Pemprov Bangka Belitung (Babel), Juaidi menyebutkan pihaknya akan memfokuskan pembangunan irigasi di beberapa titik persawahan yang ada di daerah itu.

Irigasi yang akan diperbaiki diutamakan yang berkaitan dengan kewenangan pemerintah provinsi dengan luas lahan tertentu. Perbaikan irigasi, tegasnya akan dilakukan di empat titik.

“Pertama di Kemuja, mau diambil alih menjadi kewenangan provinsi, karena melintasi beberapa irigasi, mulai dari Paya Benua, sampai ke Tanah Bawah,” kata Juaidi kepada wartawan belum lama ini.

Titik selanjutnya, lanjut dia adalah irigasi Jeriji-Tepus, irigasi Kepoh, Bikang dan irigasi Pulau besar. Juaidi berharap, dengan perbaikan irigasi ini, pengelolaan sawah dapat lebih optimal, sehingga hasilnya bisa lebih maksimal.

“Total keseluruhan areal sawah kita ada 34.000 hektar, tahun ini kita tidak boleh buka lahan baru lagi, lahan yang ada ini kita optimalkan,” tegasnya.

Selain kewenangan provinsi, dinas pertanian, lanjut dia, juga akan mengusulkan pembangunan irigasi yang menjadi kewenangan pemerintah pusat.

“Gubernur juga sudah minta untuk mengoptimalkan lahan sawah yang menjadi kewenangan provinsi lebih kurang 5.000 hektar, mau kita tingkatkan, irigasi pengelolaannya,” tambahnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan mempersiapkan pengelolaan sawah dengan pola korporasi petani, dalam konteks kawasan sawah pengelolaan. Pengelolaan, bisa dikelola oleh kelompok tani, koperasi dan Bumdes.

“Petani bisa sebagai tenaga kerja atau seperti plasma kelapa sawit, pupuk dibantu sampai dengan penanganan di sawah dan paska panen. Dengan pengelolaan dan peningkatan diharapkan dapat meningkatkan produktivitas padi di Babel,” katanya.(nov/10)

Related posts