by

Dinas Perpustakaan Gencarkan Perpustakaan Keliling

TOBOALI – Dinas Perpustakaan dan Asrip Daerah Bangka Selatan (Basel) secara rutin menjadwalkan perpustakaan keliling di sekolah-sekolah di Bangka Selatan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa dan masyarakat.

Demikian dikatakan Kepala Seksi Pengawasan, Pengembangan SDM dan Otomasi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Bangka Selatan, Sudirman kepada wartawan Senin (6/2/2017).

Selain itu, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah juga terus melakukan pembinaan kepada 24 desa yang telah memiliki perpustakaan desa.

Pihaknya terus mendorong desa lainnya untuk mendirikan perpustakaan desa atau taman bacaan guna meningkat kualitas minat baca masyarakat pedesaan.

“Selain menjadwalkan perpustakaan keliling di seluruh wilayah di Basel, kita juga mendorong pemerintah desa untuk membangun perpustakaan desa ataupun taman bacaan. Mari bersama-sama meningkatkan kualitas minat baca masyarakat. Untuk perpustakaan keliling juga, kita siap datang jika sekolah ataupun pemerintahan kecamatan maupun desa yang meminta di luar jadwal yang sudah kita tentukan,” ujar Sudirman.

Di sisi lain, lanjutnya, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah juga secara rutin melombakan perpustakaan desa dan sekolah di Basel. Hal ini guna memotivasi desa dan sekolah agar terus mempromosikan perpustakaan dan meningkatkan minat baca masyarakat.
Ia menambahkan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Basel juga telah menjadwalkan sejumlah perlombaan di tahun ini mulai dari lomba bercerita tingkat SD, lomba perpustakaan desa dan sekolah, serta story telling.

“Melalui sejumlah kegiatan ini, kita harapkan minat baca di Bangka Selatan terus tumbuh dan tumbuh, karena buku salah satu sumber ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kualitas SDM kita,” pungkas Sudirman. (raw/3).

Comment

BERITA TERBARU