by

Dinas Koperasi Latih 1440 Pengurus Koperasi dan UMKM

-Berita Kota-111 views

Tingkatkan Kapasitas SDM

PANGKALPINANG- Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pemprov Bangka Belitung (Babel) tahun ini akan melatih 1440 orang pelaku UMKM dan pengurus koperasi untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pemprov Babel Elfiyena menyebutkan peningkatan SDM menjadi suatu hal penting dalam mengembangkan koperasi dan UMKM. Sejalan dengan itu, berbagai pelatihan bagi pengurus koperasi dan UMKM akan dieberikan bagi pelaku UMKM dan koperasi.

“Pelatihan ini menggunakan dana DAK dan APBD. Namun untuk dana DAK, tahun ini orientasinya lebih ke arah pelatihan bagi koperasi. Pelatihan dengan DAK akan diikuti sebanyak 870 peserta dan pelatihannya akan dimulai Februari ini,” ujar Elfiyena kepada wartawan, belum lama ini.

Dia menjelaskan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya. Dimana diharapkan, kemampuan dan kapasitas SDM semakin meningkat hingga akhirnya usaha atau koperasi yang digeluti pun lebih maju dan sejahtera.

“Selain dari dana APBN, APBD Pemprov Babel tahun ini, akan melatih sekitar 570 peserta. Pelatihan dengan anggaran APBD akan dilaksanakan mulai Juli sampai Agustus. Jadi totalnya tahun ini ada 1440 peserta yang akan diberikan pelatihan,” jelasnya.

Pelatihan dan pembinaan ini, ditambahkan Elfiyena, akan rutin digelar, sehingga koperasi dan UMKM di Provinsi Babel juga mampu berdaya saing.

“Kami juga berharap, selain mengikuti pelatihan yang diadakan, pelaku UMKM dan pengurus koperasi juga harus aktif mencari tambahan ilmu sebagai bekal mereka untuk maju dan berkembang,” tutupnya.(nov/10)

Comment

BERITA TERBARU