Dinas Koperasi dan UKM Babel Terus Tingkat Keterampilan SDM UMKM

  • Whatsapp
Peserta Pelatihan Koperasi dan UKM Dana Alokasi Khusus Non Fisik TA 2020 foto bersama.(foto: suryanto).

RAKYAT POS.COM, PANGKALPINANG – UPTD Balatkop UMKM Dinas Koperasi dan UKM menggelar Pelatihan Koperasi dan UKM Dana Alokasi Khusus Non Fisik TA 2020 di SUN Hotel Pangkalpinang, Selasa (17/03/2020).

Kepala UPTD Balatkop UMKM Dinas Koperasi dan UKM Babel, Fitri Dwiyanti mengatakan, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Babel terus meningkatkan kualitas dan keterampilan SDM Koperasi dan UMKM di Babel. Peningkatan kualitas SDM ini, dilakukan melalui pelatihan keterampilan teknis bagi pelaku UMKM.

Read More

“Kita terus akan memberikan pelatihan sehingga pelaku UMKM di Babel memiliki kualitas dan keterampilan dalam mengelola dan memproduksi produk berkualitas eksport,” ungkapya.

Pelatihan ini diikuti sebanyak 60 orang dan dibagi dalam dua kelas, yakni pelatihan kewirausahaan usaha produktif dan pelatihan keterampilan teknis bagi UMKM.

Peserta pelatihan kewirausahaan usaha produktif merupakan nelayan dari Desa Kota Kapur dan akan diberikan pelatihan pengolahan lidi nipah untuk ekspor.

“Sedangkan peserta pelatihan keterampilan teknis pengolahan hasil perikanan yakni guru dan siswa SMKN 4 Pangkalpinang. Para peserta akan diberikan pelatihan dalam mengelola rumput laut,” katanya.

Kepala UPTD Fitri Dwiyanti menegaskan, materi-materi yang diberikan sangat penting dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan pelaku UMKM. Pelaku UMKM juga diberikan praktik langsung di lapangan agar paham, sehingga produk yang dihasilkan bisa berorientasi ekspor.

Pelatihan seperti ini, masih kata Fitri, sangat penting bagi UMKM. Karena, pelaku UMKM diberikan ilmu dan pengetahuan dalam mengelola produk untuk ekspor. Diharapkan melalui pelatihan seperti ini bisa terus mendorong UMKM di Babel untuk naik kelas dan semakin banyak UMKM Babel yang bisa mengekspor produknya ke luar negeri. “Saya harap UMKM terus tumbuh dan berkembang, sehingga bisa naik kelas,” harapnya.(Suryanto/Listya).

JustForex

Related posts