Didik Anak dengan Penuh Kasih Sayang

No comment 126 views

*Gebyar Anak Usia Dini 2017

Gebyar Anak Usia Dini Kabupaten Bangka Selatan tahun 2017 berlangsung meriah. Beragam pertunjukan ditampilkan anak-anak usia dini mulai dari drum band, tarian, baca puisi hingga penampilan seni tari dari SMPN 2 Toboali yang berhasil menjadi Juara I FLS2N tingkat nasional. Gebyar Anak yang digelar di Laut Nek Aji Toboali, Rabu (11/10/2017) mengambil tema “Membangun Karakter Anak untuk Mewujudkan Generasi Emas”.

 

Bupati Bangka Selatan Justiar Noer mengingatkan tiga hal dalam pendidikan anak yakni kita harus memberikan perlindungan kepada anak, mendidik anak-anak serta memberikan kasih sayang kepada anak-anak.

“Melindungi, berarti kita menjaga atau melindungi mereka di berbagai bentuk kejahatan, kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi, untuk tidak ditelantarkan serta mendapatkan sistem hukum yang adil, melindungi dari pergaulan sesat dan perilaku buruk,” ujar Justiar saat menyampaikan sambutan.

Menurutnya, pendidikan anak harus dimulai dari pendidikan di rumah yang menjadi tugas dan tanggung jawab orang tua berupa pengasuhan, pembimbingan, dan pemberian arahan untuk menuju masa depan.

“Sesungguhnya, pembangunan karakter dan kecerdasan diawali dari rumah, pendidikan yang kedua adalah di sekolah, bagaimana mendidik anak untuk memiliki mental, kepribadian dan kecerdasan dan yang ketiga adalah kasih sayang, pendidikan akan berhasil jika semua itu berangkat dari kasih sayang,” ungkap Justiar.

 

Sementara itu, Bunda PAUD Bangka Selatan, Ekawati Justiar mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan peran dan partisipasi dalam memajukan Paud. Usia 0 – 6 tahun adalah usia emas yang harus mendapatkan pelayanan pendidikan, pengasuhan, kesehatan serta perlindungan agar mereka nanti menjadi generasi yang bermoral, berkarakter, inovatif, kreatif dan berdaya saing global.

“Didik anak kita dengan penuh kasih sayang, anak-anak belajar dari apa yang dilihat sehari-hari, jika anak diajarkan dengan kebohongan maka dia belajar tidak jujur, tapi sebaliknya ajarkan kejujuran maka anak yang menyampaikan kebenaran, ajarkan kasih sayang dan persahabatan maka mereka akan menemukan cinta dalam kehidupannya,” ajak Ekawati. (raw/10)

 

No Response

Leave a reply "Didik Anak dengan Penuh Kasih Sayang"