Diangkut Pesawat Hercules, 3.000 APD Tiba di Babel

  • Whatsapp
Pesawat Hercules milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) A-1317 tiba di Bandara Depati Amir, Bangka, Selasa (7/4/2020). Pesawat mengangkut bantuan dari Pemerintah Pusat yakni 3000 APD. (foto: istimewa)

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG– Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mendapatkan 3.000 pcs Alat Pelindung Diri (APD) yang diangkut oleh Pesawat Hercules milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) A-1317, Selasa (7/4/2020).

Ketua Sekretariat Puskodalops Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Babel, Mikron Antariksa mengatakan pesawat ini tiba di Bandara Depati Amir sekitar pukul 09.37 Wib dengan membawa 3.000 APD yang dikemas dalam 60 koli.

Read More

“Setelah APD itu kita terima, langsung kita simpan di posko gugud tugas dan nantinya akan didistribusikan ke berbagai kabupaten dan kota dan rumah sakit yang ada di Bangka Belitung,” kata Mikron, Selasa (7/4/2020).

Dia menyebutkan, Pesawat Hercules A-1317 memulai penerbangan sekitar pukul 06.00 Wib dari Bandara Halim Perdanakusuma ke beberapa daerah untuk mendistribusikan APD. Selain Babel, pesawat juga singgah ke Palembang, Jambi, Pangkalpinang, Riau, Padang dan kembali lagi ke Halim Perdanakusuma.

Sementara itu, Kadinkes Babel, Mulyono Susanto menambahkan sebelum APD tersebut didistribusikan, terlebih dahulu pihaknya akan berkoordinasi dengan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Babel.

“APD ini untuk sementara waktu cukup untuk menangani warga Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dikarantina saat ini,” katanya.

Dia berharap, APD tersebut bisa mencukupi, namun jika melihat tren yang meningkat hingga dua bulan ke depan, menurutnya memang diperlukan APD tambahan.

“Kita akan antisipasi dengan anggaran yang disediakan, selain Dinkes Babel, kabupaten dan kota juga sudah menganggarkan APD, mudah-mudahan bisa mencukupi,” ulasnya.

Mulyono mengatakan pendistribusian APD ke rumah sakit dan dinkes se-Babel ini nantinya mengacu pada Surat Keputusan (SK) Kementerian Kesehatan dan SK Gubenur Babel.

“Kami memperhitungkan kebutuhan APD ini sekitar 7.200 lebih, jika memang ODP di Babel ini terus meningkat setiap harinya hingga dua bulan ke depan, tapi sekali lagi mudah-mudahan tidak ada peningkatan ya,” tandasnya. (nov)

JustForex

Related posts