Di Tengah Covid-19, PMI Basel Kumpulkan 44 Kantong Darah

  • Whatsapp
Petugas medis PMI tetap semangat mengambil darah dari para pendonor darah.(foto: ist/dok.pmi).

RAKYAT POS.COM, PAYUNG – Meski di tengah kondisi mewabahnya Coronavirus 2019 (Covid-19), Palang Merah Indonesia Kabupaten Bangka Selatan (PMI Basel) bekerja sama dengan PMI Kecamatan Payung, dan PMI Kota Pangkalpinang tetap menggelar aksi sosial donor darah.

Kegiatan Donor Darah yang dilaksanakan di Pendopo Aula Kantor Camat Payung Kamis (26/3/2020) itu, berhasil mengumpulkan sebanyak 44 kantong darah.

Read More

Ketua PMI Basel M.M. Iskandar mengatakan, kegiatan donor darah di Kecamatan Payung ini diikuti sebanyak 44 orang pendonor, mulai dari kepolisian, Satpam hingga masyarakat umum.

Kebanyakan yang mendonorkan darah, kata Iskandari, adalah ibu-ibu. “Kami merasa lega bisa terlaksana kegiatan donor darah ini, karena di rumah sakit pasien membutuhkan dan menunggu darah kita, untuk di transfusi kepada mereka yang membutuhkan. Ini kan kegiatan untuk kemanusiaan, bukan kumpul-kumpul tak jelas,” kata Iskandar.

Iskandar mengaku senang, karena dari 44 calon pendonor yang terdaftar, semuanya berhasil diambil darahnya. “Semua peserta dapat menyumbangkan darahnya dan tidak ada yang gagal aktapnya, semua berhasil. Darah ini langsung di bawa ke UTD PMI Kota Pangkalpinang, karena kita (PMI Basel-red) belum ada penampung darahnya,” ujar MM. Iskandar.

Dijelaskan Iskandar, bagi calon pendonor yang akan mendonorkan darahnya ke petugas PMI di Payung ini, mereka harus tetap mengikuti prosedur jaga jarak dan ketentuan lain sebagaimana yang telah diatur oleh pemerintah, guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Mulai datang, calon pendonor harus cuci tangan dulu pakai sabun sampai ke lengan atas, mengisi isian pendonor pemeriksaan HB dan checkup akhir oleh dokter pendamping konselor dari PMI Pangkalpinang, dan pihak dari Puskesmas Payung. Para pendonor datang dengan tertib, dan duduk diberi jarak minimal 1 meter,” ungkap Iskandar didampingi Ketua PMI Kecamatan Payung, Nelly Nepuspita.

Sebagai wujud terima kasih kepada para pendonor yang telah menyumbangkan darahnya, PMI Basel kata Iskandar memberikan bingkisan dan suvenir berupa Payung, Tas.

“Kami berharap dengan bantuan darah ini, dapat kembali membantu saudara-saudara kita yang memerlukan pasokan darah,” tambah Iskandar, sembari menyebutkan saat ini, Basel memiliki pendonor sebanyak 1212 orang, dan khususnya di Kecamatan Payung sebanyak 275 orang pendonor.

Sejak Januari hingga Maret 2020 ini, masih dikatakan Iskandar, PMI Basel telah mengumpulkan sebanyak 244 kantong darah, dan di 5 April 2020 sudah menunggu pendonor darah dari Gereja Pantekosta Isa Almasih Lembah Kasih Teladan Dalam. (rell/3).

Para pendonor foto bersama Ketua PMI Basel.(foto: ist/dok. pmi).

Related posts