Di Serpong, Pemkab Belitung Promosi UMKM dan Pariwisata

  • Whatsapp
Bupati dan Wakil Bupati Belitung memperlihatkan salah satu Produk UMKM Belitung, di Pekan UMKM dan Pariwisata di Summarecon Mall Serpong Kota Tanggerang. (foto: dodi).

 

TANJUNGPANDAN – Dalam rangka promosi UMKM dan pariwisata, Pemerintah Kabupaten Belitung turut serta pada pekan UMKM dan Pariwisata di Summarecon Mall Serpong Kota Tanggerang, Selasa (29/10/2019) kemarin.

Di acara itu, Pemerintah Kabupaten Belitung mempromosikan Produk UMKM serta Pariwisata yang ada di daerah Belitung.

Partisipasi Kabupaten Belitung ini mendapat tanggapan yang sangat baik dari Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran, Kementerian Koperasi dan UKM, Victoria Br Simanungkalit.

Dia memuji usaha yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Belitung dalam mendorong promosi produk KUKM Belitung.

Victoria menyampaikan, tidak banyak pemerintah daerah yang fokus dan komitmen dengan pengembangan KUKM di daerahnya.

Menurutnya, Belitung adalah salah satu daerah yang dinilai melakukan banyak usaha mengembangkan usaha kecil dan menengah di daerah. Salah satu hal yang dilakukan adalah dengan membantu sertifikasi bagi para pelaku UMKM.

“Saya memberikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten Belitung yang cukup concern terhadap standarisasi dan sertifikasi yang diperlukan KUKM. Pemerintah kabupaten Belitung juga cukup aktif dalam mempromosikan KUKM baik di skala nasional maupun internasional,” kata Victoria Br Simanubgkalit.

Victoria menjelaskan, perkembangan pariwisata akan seiring sejalan dengan perkembangan UMKM. Majunya pariwisata akan membuat produk UMKM akan ikut maju. “Begitupun sebaliknya UMKM tanpa pariwista akan mengalami kelambatan berkembang,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Belitung H Sahani Saleh mengatakan, Pemerintah Kabupaten Belitung memang sudah sejak lama melakukan banyak usaha dalam membantu pelaku UMKM. Salah satunya dengan membantu dalam hal kredit usaha.

“Jadi, pelaku UMKM bisa pinjam uang di bank. Bunganya kita yang bayar, jadi mereka cuman bayar modal,” kata Sanem sapaan akrab Bupati Belitung itu.

Disampaikan olehnya, jumlah UMKM Belitung mengalami peningkatan. Sebelum mencuatnya Laskar Pelangi jumlah UMKM di Belitung baru berjumlah 3000, dan saat ini jumlah UMKM meningkat hingga hampir 19.000 UMKM.

“Jadi, dulu jumlah UMKM di Belitung baru berjumlah 3000, namun sekarang ini sudah 18.900 sekian,” ujar Sanem.

Selain itu, Sanem mengatakan, Belitung sudah memenuhi standar perbandingan jumlah usahawan dan penduduk indonesia.

Penduduk Belitung saat ini, berjumlah sekitar 180.000 jiwa. Jika dihitung dari jumlah tersebut berarti lebih dari 10 persen penduduk Belitung sudah menjadi pelaku UMKM.

“Sudah sesuai dengan standar kependudukan yang saat ini ada. Sekitar 10 persen penduduk Belitung mempunyai UMKM,” pungkasnya.

Pameran produk UMKM dan Kepariwisataan Belitung di Summarecon Mall Serpong ini berlangsung selama 6 hari hingga tanggal 3 November 2019.

Selain mempromosikan produk UMKM kegiatan ini juga bertujuan untuk membuka peluang kerja sama bagi pelaku UMKM dengan para penanam modal. (dodi/3).

Related posts