Di Putusan Sela, Perkara Budi Tikal Lanjut 

No comment 167 views

Sidang putusan sela perkara Budi Tikal di Pengadilan Negeri Sungailiat, tadi sore. (Foto: 2nd)

Hakim Tolak Eksepsi Terdakwa

SUNGAILIAT – Majelis hakim Pengadilan Negeri Sungailiat yang memimpin persidangan putusan sela‎ terdakwa Tubagus Budhi Firbany alias Budi Tikal alias Panglima, menolak eksepsi dan meminta pemeriksaan pokok perkara dilanjutkan. Persidangan ini menguatkan dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada persidangan sebelumnya.

Dalam pembacaan putusan sela, Majelis Hakim Jonson Parancis didampingi Narendra dan Benny Yogapratama mengatakan ‎terdakwa didakwa Pasal 2 ayat 1 Undang-Undang Darurat nomor 12 tahun 1951 dan Pasal 335 ayat 1 ke 1 KUHP. Terdakwa dalam mengajukan sanggahan menyatakan keberatan atas dakwaan JPU dengan menyatakan dakwaan tidak dapat diterima, kabur, batal demi hukum dan meminta majelis hakim melepas terdakwa dari tahanan.

Sedangkan JPU dalam tanggapan eksepsi menyatakan surat dakwaannya telah disusun dengan cermat dan lengkap serta sudah memenuhi syarat formil. Karena itu keberatan terdakwa yang disampaikan penasehat hukumnya bagi JPU tidak didukung dengan dalil hukum yang kuat.

Majelis hakim kemudian menyatakan surat dakwaan telah memenuhi unsur dalam KUHAP untuk dijadikan dasar pemeriksaan. Lalu menolak eksepsi dan menetapkan perkara Tubagus Budhi Firbani alias Budi Tikal dilanjutkan.

“Melanjutkan pemeriksaan perkara Budi Tikal untuk dilanjutkan dan memerintahkan Penuntut Umum menghadirkan saksi-saksi dan barang bukti pada persidangan yang akan datang, menangguhkan biaya perkara sampai putusan akhir,” kata Jonson Parancis, Selasa (16/10/2017).

Keputusan hakim ini diterima dengan berat hati oleh terdakwa dan penasehat hukumnya. Sempat juga terjadi sedikit insiden perdebatan ketika penasihat hukum meminta majelis hakim memerintahkan JPU menyerahkan berkas penyelidikan dan penyidikan. Namun hakim tidak bisa memenuhi permintaan PH.

PH Budi Tikal beralasan, berkas yang diberikan jaksa hanya berupa BAP. Dan pihaknya membutuhkan berkas penyelidikan hingga penyidikan untuk dipelajari pada sidang selanjutnya. Rencananya, pada persidangan Selasa (24/10) pekan depan, JPU akan menghadirkan 3-4 orang saksi. (2nd/1)

No Response

Leave a reply "Di Putusan Sela, Perkara Budi Tikal Lanjut "