Dewan Wajib Mundur Nyalon Bupati

  • Whatsapp

Bateng Pemilukada Serentak 2020

KOBA – Anggota DPRD wajib mengundurkan diri bila mencalonkan pada Pemilukada serentak tahun 2020.
Hal itu disamapaikan KPU Bangka Tengah, Rusdi mengatakan bahwa berdasarkan putusan MK Nomor 33/PUU-XII/2015 tertanggal 08 Juli 2015 yang lalu.

Sedangkan berdasarkan Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilukada yang berisi bagi Anggota DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota yang mencalonkan diri dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PBWB) wajib mengundurkan diri.

“Sampai saat ini belum ada revisi terkait undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 dan apabila tidak ada revisi terhadap Undang-undang. Maka, tetap berlaku dimana setiap anggota DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota yang mencalonkan diri dalam PBWB wajib mengundurkan diri,” ujarnya, Senin (09/09/2019).

Dikatakannya, pengunduran diri yang dilakukan Anggota DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota harus mengundurkan diri sejak ditetapkan sebagai calon.

“Hal itu sesuai dengan Pasal 4 ayat 1, PKPU 3 tahun 2017 Tentang Pencalonan. Jadi, bagi Anggota DPD, DPR, dan DPRD harus melampirkan secara tertulis surat pernyataan pengunduran diri sebagai anggota DPD, DPR dan DPRD sejak ditetapkan sebagai calon,” terangnya.

Terkait tahapan Pemilukada di Bangka Tengah, menurutnya sedang melakukan tahapan Pemilukada yaitu tahapan perencanaan program dan anggaran yang penyusunan dan Penandatanganan Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dari Pemkab Bangka Tengah kepada KPU Bangka Tengah yang dilaksanakan paling lama 1 Oktober 2019 dan pemilahan data khusus pada Daftar Pemilih Khusus (DPK) pada Kotak suara pemilu legislatif dan Presiden yang lalu.

“Sembari menunggu NPHD dari Pemkab Bangka Tengah kepada KPU Bangka Tengah, kita juga sedang melakukan pemilahan data pemilih khusus pada pemilu legislatif yang lalu dari kotak suara yang ada dan dipilah berdasarkan perkecamatan kemudian perdesa dan baru lah dimasukkan dalam aplikasi Sidalih,” tandasnya. (ran/6)

Related posts