Dewan Terpilih Ukur Baju Pelantikan, Dilengkapi Pin Emas 24 Karat

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Sekretariat DPRD Bangka Belitung (Babel) mulai kebut persiapan pelantikan anggota dewan terpilih hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang direncanakan akan berlangsung pada pertengahan September mendatang.

Salah satu persiapan tersebut, kata Sekretaris DPRD Babel Syaifuddin, yakni jas dan seragam hingga pin DPRD yang akan dikenakan oleh masing-masing anggota dewan pelantikan mendatang. Dengan mendatangkan penjahit dari Jakarta, Rabu (7/8/2019), masing-masing dewan terpilih datang ke gedung DPRD Babel untuk mengukur seragam yang akan dikenakannya nanti.

Kepada wartawan, Syaifuddin mengatakan dalam anggaran tersebut nilai untuk satu setel jas dan seragam dewan tersebut ditaksir mencapai kurang lebih Rp2,6 juta. “Sebenarnya ada dua jenis seragam yang dibuat, namun satu dulu untuk mengejar pelantikan nanti,” ujarnya.

Ia menerangkan, jika seragam anggota dewan memang sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2017 mengenai pakaian dinas. “Biar enak dilihatlah kalau seragam, penjahitnya juga kita pilih penjahit yang menurut kita sudah memenuhi standar,” jelasnya.

Dia juga menambahkan, untuk pembuatan seragam tersebut dibagi menjadi dua periode. Seragam pertama di periode awal hingga pertengahan, dan seragam selanjutnya untuk periode pertengahan hingga periode akhir masa jabatan.

Selain itu juga, rencananya dewan juga akan dibuatkan baju adat yang dipersiapkan untuk memperingati Hari Jadi Provinsi Babel pada November mendatang. Bahkan para wakil rakyat tersebut menurut Syaifuddin dibekali dengan pin yang berbahan emas 24 karat yang nantinya akan disematkan di dada sebelah kiri para anggota dewan.

“Anggaran untuk pin lambang DPRD Babel ini dianggarkan sebesar Rp4,4 juta untuk satu pin sehingga total untuk 45 anggota dewan tersebut senilai Rp198 juta,” tambahnya, seraya menyebutkan, untuk anggota dewan yang tidak lagi terpilih akan diberikan uang purna bakti bagi yang menjabat satu periode sebesar enam kali gaji pokok.

Ukur Baju

Sejumlah Caleg terpilih yang unggul dalam Pemilu 2019 untuk DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu ((7/8/2019), terlihat mulai mengukur baju, di Ruang Sekretaris DPRD Babel. Adapun baju yang akan dikenakan, untuk pelantikan anggota DPRD Babel 2019-2024, pada 24 September mendatang.

Salah satu Caleg terpilih Rina Tarol usai mengukur baju berharap, kehadiran sekian kalinya ia di lembaga legislatif ini akan menambah warna yang ada guna menyuarakan suara-suara rakyat, minimal menemukan solusinya.

“Mungkin selama ini warnanya tak terlalu banyak, jadi kembali Rina kesini akan menyuarakan suara suara rakyat yang masih belum tersuarakan,” ungkapnya.
Dalam menjalankan fungsi pengawasan, ia berpendapat, bahwa DPRD jangan terkesan diam. (ron/6)

Related posts