Dewan Terpilih Jangan Sampai Gadaikan SK

  • Whatsapp
35 anggota DPRD Kabupaten Bangka periode 2019-2024 dilantik dan diambil sumpahnya oleh Kepala Pengadilan Negeri Sungailiat, Senin (16/9/2019). (foto: Rizky)

Kewajiban yang Dibayar Luar Biasa
Jumadi: Ini Pengalaman Saya Pribadi

SUNGAILIAT – Sebanyak 35 anggota DPRD Kabupaten Bangka periode 2019-2024 baru saja dilantik dan diambil sumpahnya oleh Kepala Pengadilan Negeri Sungailiat, Senin (16/9/2019).
Dengan begitu 35 wakil rakyat tersebut juga dalam waktu dekat akan menerima Surat Keterangan (SK)nya. SK tersebut memiliki nilai tersendiri dan dapat digadaikan di bank.
Namun Ketua DPRD Bangka sementara, Jumadi menyarankan kepada anggotanya untuk tidak menggadaikan SK tersebut.
Menurutnya dengan menggadaikan SK maka harus ada kewajiban lagi yang dibayar setiap bulan.
“Saya sarankan jangan digadaikan karena nilai yang kita bayar ke pihak bank luar biasa. Apalagi peraturan Menteri Keuangan yang baru mungkin untuk tahun 2020 nanti sangat luar biasa,” ungkapnya.
Meskipun begitu ia tidak menghalangi bagi anggota yang tetap menggadaikan SK nya hanya saja harus tahu mana kebutuhan dan keinginan.
“Kita tidak menghalangi hanya saja harus tau mna kebutuhan dan mana keinginan jangan sampai nanti justru uang dari SK itu digunakan untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan,” tambah Jumadi.
Ia sendiri mengaku sudah menggadaikan SKnya dan hingga saat ini masih belum lunas.
“Ini pengalaman pribadi saya periode lalu, sampai saat ini masih belum lunas makanya saya sarankan jangan digadaikan. Saya pribadi sudah merasakan soalnya,” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Bank Sumsel Babel cabang Sungailiat, Sadikin Syamsumin saat ditemui setelah pelantikan anggota dewan kabupaten bangka mengatakan pihaknya tetap akan menerima jika ada dewan yang ingin melakukan pinjaman dengan jaminan SK.
“Kita terima saja, sah-sah saja mereka ingin gadaikan SKnya. Payung hukumnya juga jelas, selagi sesuai dengan prosedur,” ungkapnya.
“Adalah tapi tidak semua dewan yang menggadaikan SK nya, tapi ada,” tambah Sadikin. (mla/6)

Related posts