Dewan Sarankan Pemdes Segera Tetapkan Tim Asistensi

TOBOALI – Menyikapi semakin dekatnya proses Pemilihan Kepala Desa Serentak pada 4 November 2017 mendatang, maka Komisi I DPRD Basel mengharapkan pesta demokrasi ini berjalan aman, tertib dan lancar.

Beberapa desa yang bakal calon kepala desanya lebih dari 5, maka akan melalui fase uji kompetensi terhadap semua bakal calon, dan hasil tersebut hanya akan meloloskan 5 calon kepala desa yang akan mengikuti kontestasi.

Sementara, bakal calon kepala desanya terdiri dari 5 atau kurang dari 5 langsung ditetapkan menjadi calon kepala desa tanpa ada uji kompetensi, asal persyaratan administrasi dan persyaratan lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Demikian dikatakan Sekretaris Komisi I DPRD Basel Samsir kepada wartawan Jumat (6/10/2017). “Untuk itu, pada tahapan uji kompetensi bagi bakal calon kepala desa yang lebih dari 5 orang, Komisi I menyarankan agar secepatnya Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa menetapkan tim asistensinya (person dan jumlahnya) serta menentukan porsi soal uji kompetensi yang akan diberikan kepada bakal calon kepala desa tersebut, dan sesuai kesepakatan pada saat proses pembahasan peraturan daerah bahwa materi uji kompetensi terdiri dari leadership, perencanaan pembangunan desa, pengetahuan umum dan muatan lokal dimana porsi muatan lokal mendapat porsi yang paling banyak,” jelas politisi PKS ini.

Ia menambahkan, hal yang tak kalah penting lagi adalah penentuan porsi siapa yang akan ditunjuk dalam melakukan uji kompetensi tersebut.

“Kami menyarankan juga diambil dari beberapa unsur seperti akademisi, birokrat, dari organisasi tertentu dan dari DPRD (usulan). Dan untuk hal ini, kami serahkan kepada Pemerintah Bangka Selatan khususnya Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa segera menetapkannya. Harapan kami, Pilkades Serentak ini dapat menghasilkan kepala desa-kepala desa yang memang kapabel dan memiliki kapasitas dalam memimpin desa, sehingga desa mengalami percepatan pembangunan yang akan berimbas pada percepatan pembangunan Kabupaten khususnya dan Indonesia umumnya,” pungkas Samsir. (raw/3).

No Response

Leave a reply "Dewan Sarankan Pemdes Segera Tetapkan Tim Asistensi"