Desa Ranggung Bangun 16 Gapura HUT RI

  • Whatsapp
Ini merupakan salah satu Gapura Lomba dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 74 di wilayah Kabupaten Bangka Selatan.(foto: dedy).

PAYUNG – Dalam usia ke 74 Kemerdekaan Negara Republik Indonesia sebagaimana halnya daerah lain, desa di seluruh Indonesia dan khususnya di wilayah Kabupaten Bangka Selatan juga ikut merayakan dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI Tahun 2019, seperti melaksanakan sejumlah pertandingan di bidang Agama, seni dan Olahraga.

Namun ada hal yang berbeda untuk Desa Ranggung Kecamatan Payung, di tahun kedua Kepemimpimpinan Kades Baru Matnur alias Alex. Dimana terjadi antusiasme masyarakat untuk memeriahkan HUT RI ke 74 tahun 2019 dengan melakukan kegiatan kebersihan lingkungan RT dan membuat sejumlah ornamen dan Gapura RT disertai pemasangan Lampu Warna Warni.

Desa Ranggung yang berpenduduk kurang lebih 3.200 an jiwa dengan jumlah Rukun Tetangga 21 RT dengan 4 Dusun ini, mampu membangun sebanyak 16 Gapura, yang terdiri 14 dibuat oleh 4 RT dan 2 Gapura yang dibuat oleh Pemerintahan desa dan ada 7 RT yang tidak membuat Gapura.

Dan pada waktu malam hari, hampir semua RT yang memiliki gapura dipasangkan Lampu LED yang berkelap kelip. Dan untuk mengahargai antusiasme masyarakat Kades Ranggung, Matnur alias Alek mengalokasikan Anggaran berupa anggaran untuk lomba kebersihan Antar Rukun Tetangga yang penilaiannya dilakukan oleh penilai dari kecamatan memperebutkan Juara Bergilir Kebersihan Lingkungan yang indikator penilaiannya dari beberapa aspek seperti kebersihan , kerapihan, kreativitas dan termasuk gapura.

Selain itu, untuk menghargai ketua RT yang Rajin juga diberikan penghargaan untuk Ketua RT terbaik menurut penilaian Warga. Sebagai Rangkaian peringatan lanjutan dilakukan dengan menggabungkan dengan Perayaan Tahun Baru Islam tahun 1441 Hijriyah dengan sejumlah kegiatan berbau Islam dimana pada malam tahun Baru Islam akan diadakan Lomba Pawai Obor menyambut dan memeriahkan Tahun Baru Islam terbuka untuk umum yg disediakan sejumlah Bonus uang dan Throphy yang akan menjadi agenda rutin setiap malam tahun Baru Islam.

Yang dilanjutkan paginya menggelar Khataman Al Qur’an sebanyak 50 santri dan diikuti dengan pemberian penghargaan untuk santri yang khtamannya paling cepat dan terbaik, serta penlihan Anak mesjid dimana kegiatan ini untuk memotivasi dan membina anak -anak sebagai generasi muda penerus tongkat estafet pembangunan untuk mengisi kemerdekaan ke depan seuai dengan tema HUT RI ke 74 SDM Unggul Desa Ranggung Maju dan Indonesia Maju. Selanjutnya dilanjutkan dengan acara Tausiyah yang akan disampaikan oleh Istadz Kemas Machmud Dari Pangkal Pinang ditutup dengan Ngangung Sekampung.

Desa Ranggung semenjak dipimpin Kades terpilih Matnur memang mengalami kemajuan luar biasa memotivasi masyarakat dalam melakukan kerjasama dalam bergotong royong menjaga kebersihan lingkungan dan mengikuti kegiatan.

“Program Kades terpilih sudah 2 tahun ini, semua rumah di pasang pagar dengan seragam di cat warna putih, semua umbul – umbul terpasangan dengan rapi. Sekarang bekerja sama dengan Bappeda Babel, semua rumah penduduk depan rumah sudah ditanami pohon Pucuk hijau yang akan mengganti pagar dengan tanaman penghijauan, dimana terdapat 10.000 bibit pucuk merah disebar di seluruh pekarangan rumah masyarakat,” ungkap Kades Tanggung kepada Rakyat Pos, kemarin. (raw/3).

Related posts