Desa Malik Gelar Tradisi Pembacaan Pertengahan Al Quran

  • Whatsapp

 

*Tradisi Makan Isi Rebus Keladi

PAYUNG – Kebahagian dan rasa haru dirasakan oleh para orang tua serta ratusan warga desa Malik Kecamatan Payung yang menyaksikan anak- anak mereka saat membaca pertengahan ayat suci Al Quran yang digelar pada Jumat malam (21/2/20200 di Masjid Al Falah Desa Malik.

Baca Lainnya

 

Kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Pengurus Masjid bersama dengan pemerintahan Desa ini diikuti oleh 23 peserta, terdiri dari 19 anak -anak dan 4 dewasa. Diantara 4 peserta dewasa ternyata ada yang sudah berumur hampir 60 tahun sehingga menjadi perhatian menarik bagi masyarakat yang hadir. Peserta Pertengahan Al Quran ini terdiri dari beberapa kelompok pengajian yang tersebar di beberapa RT.

 

Dalam sambutannya, Wendi selaku Kepala Desa Malik mengatakan sangat bangga dan berterima kasih terutama kepada pengurus masjid yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. “Saya berharap ini menjadi ajang silatu rahim kita sesama warga desa malik dan akan terus dilaksanakan setiap tahun, dan yang paling terpenting kita di pemerintahan desa akan terus mendukung kegiatan positif ini, apalagi berkaitan dengan pembinaan Al quran sebagai bekal kita di akhirat kelak,”pungkasnya. Usia acara, Pemdes mengapresiasi dengan memberikan hadiah kepada peserta.

 

Pada tahun ini, kegiatan dilaksanakan tidak hanya membaca Al Quran semata, akan tetapi tradisi makan rebus Isik Keladi (umbi keladi) kembali diangkat yakni ketika pembacaan Al Quran selesai maka anak-anak atau peserta akan disuapi umbi keladi yang telah didoakan oleh guru ngaji satu persatu sebagai harapan bahwa anak -anak ini akan selalu cinta dan ingin belajar Al Quran sampai akhir hayat.

 

“Tradisi makan Isik keladi ini sebagai simbol, bahwa sejak jaman dahulu didalamnya terdapat harapan para orang tua agar anaknya senantiasa cinta belajar Al Quran sehingga bisa memberikan manfaat seperti keladi yang menjadi salah satu makanan pokok orang jaman dahulu,”ungkap Amza ketua Masjid Al Falah. (raw)

Related posts