Desa Keposang Kembangkan Wisata Air Terjun

  • Whatsapp

Butuh Sinergitas Semua Unsur

TOBOALI – Bangka Selatan (Basel) tak hanya menyimpan segudang objek wisata bahari saja, Negeri Junjung Besaoh ini, juga memiliki aset wisata lainnya seperti Hutan Pelawan Desa Bencah dan Air Terjun Desa Keposang, serta masih banyak objek wisata lainnya.

Seperti Air terjun Desa Keposang yang letaknya di Lingkungan Parit 1 Desa Keposang ini, belum banyak diketahui warga. Padahal, objek wisata satu ini pun tak kalah dengan air terjun lainnya.

Kepala Desa Keposang Rakhmad Sutarman mengungkapkan, Pemerintah Desa bersama BPD berencana mengembangkan kawasan tersebut menjadi kawasan wisata Air Terjun Desa Keposang.

Bahkan, kata Rakhmad, Pemdes Keposang berencana bersama organisasi masyarakat di Basel untuk mengembangkan kawasan tersebut dan membuat kawasan out bond.

“Kita berencana mengembangkan kawasan tersebut jadi kawasan wisata. Ada rencana juga bersama ormas Basel membangun out bond, karena letaknya di bawah gunung, cocok dibuat out bond. Namun tentunya pengembangan ini butuh sinergitas semuan unsur, Pemprov Babel, Pemkab Basel, mulai dari akes jalan menuju ke lokasi,” jelas Rakhmad.

Pemdes berencana melaksanakan gotong royong di sejumlah titik akses jalan menuju lokasi. “Ini menjadi salah satu aset kita, jika sudah dikembangkan tentu menjadi nilai tambah bagi desa dan masyarakat setempat. UMKM akan berkembang di lokasi tersebut. Kawasan tersebut bisa menjadi objek wisata alternatif di Basel,” imbuhnya.

Di sisi lain Rakhmad menuturkan, Desa Keposang merupakan salah satu desa yang berpotensi di sektor perkebunan. Saat ini, luas wilayah perkebunan mencapai 344,3 hektar dan pertanian 66,2 hektar.

Desa Keposang memiliki 805 usaha perkebunan dengan 10 kelompok tani dan 3 kelompok usaha bersama. Meski Desa Keposang fokus pada pengembangan perkebunan dan pertanian, desa yang berjumlah penduduk 4948 jiwa ini, tetap memprioritaskan pemberdayaan masyarakat pada seluruh sektor pembangunan.(raw/3).

Related posts