Desa Keciput Kampung KB

  • Whatsapp

BKKBN Targetkan KB Modern Meningkat

Pangkalpinang – Capaian penggunaan alat kontrasepsi (alkon) Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) di Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung sudah cukup bagus. Apalagi dengan ditetapkannya Desa Keciput sebagai kampung KB, diharapkan agar capaian penggunaan MKJP bisa lebih maksimal.

Kasubbid Kesertaan KB Jalur Wilayah dan Sasaran Khusus Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Yudi Rafani mengatakan pencapaian KB di  Belitung beberapa item penggunaan alat kontrasepsi sudah tercapai.

“Dalam pencatatan laporan Kabupaten Belitung secara keseluruhan rata bagus terutama MKJP, akan tetapi untuk penggunaan alat kontrasepsi non MKJP masih kecil. Penggunaan alat kontrasepsi moderen harus ditingkatkan,” katanya, Rabu (20/9/2017).

Ia meminta, petugas lini lapangan harus aktif dan sigap dalam melakukan pencatatan, sehingga akan dihasilkan data yang berkualitas.

Dalam kegiatan ini dilakukan pelayanan KB MKJP dan non MKJP, sehingga jumlah akseptor aktif baik MKJP dan non MKJP meningkat.

Serangkaian dengan ini, dilaksanakan juga sosialisasi kampung KB yang dilaksanakan oleh DPPKBPMD Belitung, dan Desa Keciput ditetapkan oleh bupati sebagai kampung KB.

Kepala Bidang KB Ketahanan Kesejahteraan Keluarga DPPKBPMD Belitung, Surtiningsih, juga menyebutkan bahwa pihaknya harus meningkatkan capaian penggunaan alat kontrasepsi jangka panjang.

“Setiap petugas harus semangat untuk menginformasikan kepada masyarakat dengan tidak bosannya memberikan KIE kepada masyarakat, terutama PUS MUPAR serta Usia nikah muda harus kita tekan,” pesannya.(nov/*/1)

Related posts