Desa Bukit Terap Lirik Potensi Pengelolaan Air

  • Whatsapp

Akan Dikelola Bumdes
Miliki Atlet Sepak Bola dan Bola Voli Handal

Sandusin

Desa Bukit Terap, Kecamatan Tukak Sadai, Kabupaten Bangka Selatan memiliki sejumlah potensi. Selain pertanian, perkebunan dan perikanan, desa yang berpenduduk sekitar 2300 jiwa ini juga melirik potensi pengelolaan air untuk pendapatan desanya.

Kepala Desa Bukit Terap, Sandusin S.I.P. mengungkapkan pihaknya saat ini telah membentuk panitia pembentukan Bumdes Desa Terap yang rencananya akan mengelola sejumlah potensi desa.

“Panitia Bumdes sudah kita bentuk dan saat ini dalam tahapan pembentukan Bumdes, kita berencana mengelola air di Dusun Burak baik air minum maupun kebutuhan mandi bagi masyarakat, Insyaallah jika dikelola dengan baik akan menjadi pendapatan Desa Bukit Terap,” ujar Sandusin kepada wartawan, Selasa (11/4/2017).

Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, kata Sandusin berencana membangun PAM Simas yang anggarannya bersumber dari APBD Kabupaten Basel. Pembangunan PAM Simas ini nantinya, kata dia, akan dikelola melalui Bumdes.

Pada sektor pembangunan, Desa Bukit Terap terus mengembangkan infrastruktur desa. Di tahun 2016 lalu, penyerapan anggaran mencapai 100 persen dengan membangun 5 item infrastruktur yakni Jalan Pertanian dan Jalan Nelayan, 2 Gedung TPA, Saung Nelayan di Tanjung Pao.

Desa Bukit Terap juga memiliki atlet sepak bola dan bola voli yang berpotensi. Setiap kali kejuaraan atau turnamen, Desa Bukit Terap beberapa kali meraih juara pertama dan juara umum. Pada Piala Suratin 2016 lalu, 4 pemain Desa Bukit Terap memperkuat Tim PS Basel hingga ke putaran 8 nasional.

“Alhamdulillah, atlet Desa Bukit Terap sangat berpotensi, baik di tingkat kecamatan, kabupaten hingga level nasional pada Pilada Suratin tahun lalu, kuliner kita pun juara I di Kecamatan Tukak Sadai dan menjadi wakil di tingkat kabupaten, selain itu masyarakat kita juga taat pajak, pembayaran PBB kita mencapai 100 persen,” pungkas Sandusin. (raw/10)

Struktur Pemerintahan Desa Bukit Terap

Kades: Sandusin S.I.P
Sekdes : Susan Spdi

Ketua BPD : Rustam
Sekretaris : Surya

Ketua LPM: Istanto
Sekretaris : Merisandi

Ketua PKK: Santi
Sekretaris: Ratna Triyanti

Related posts