by

Desa Bukit Kijang Panen Perdana Lele Keramba Apung

NAMANG – Desa Bukit Kijang Kecamatan Namang, Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung panen perdana ikan lele sistem budidaya Keramba Jaring Apung (KJA). Budidaya lele itu sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Panen itu dihadiri oleh Bupati Ibnu Sapeh, Kepala Dinas Perikanan, Ketua Komisi 1, Kapolsek Namang, Danramil, Waslok PT. Timah Bateng, Dinas Perikanan Provinsi, Kades Bukit Kijang beserta Direktur Bundes Bukit Kijang, para Penyuluh dan Kelompok Pemudi Daya Ikan (Pokdakan).

Bupati Bangka Tengah dalam sambutannya mengatakan lokasi yang tersedia hampir 3000 hektar punya PT. TIMAH. Katanya, fokuskan di dinas perikanan, fokuskan pada budidaya, segera usulkan CSR PT TIMAH kurang lebih 200 juta rupiah.

“Pengawas lokasi (Waslok) diutus kesini memang untuk membantu kita, membangun tidak hanya APBN, APBD 1, APBD 2, tapi APBDes dan CSR. Membangun Bangka Tengah pun tidak hanya dari dana APBD saja, tetapi juga dari CSR karena itu puluhan milyar pertahun,” ujarnya, Selasa (20/3/2018).

Dikatakannya, untuk Dinas perikanan fokus dulu ke Bukit Kijang sebagai percontohan di Bangka Tengah baru ke daerah lain.

“Kolong-kolong yang ada di Bukit Kijang dibuat Keramba Jaring Apung dan pergunakan kolong tersebut sebaik mungkin untuk perikanan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Deddy Muchdiyat menambahkan, untuk menganggarkan beban dan bibit gratis. Katanya, benih ditebar sebanyak 50 ribu ekor jenis lele, jumlah pakan ikan 5 ton, hasil perkiraan 5 ton yang dikelola oleh BUMdes Bukit Kijang.

“Bukit Kijang Mandiri, kedepan ingin mengembangkan bukan hanya menjual mentah tetapi menjual dalam bentuk UMKM,” katanya.

Sebelumnya, Herwandi dan Kades pada tahun 2005 pernah memulai pengembangan lele, tetapi tidak bertahan lama karena pembatasnya hanya menggunakan kayu. Kemudian timbul inspirasi pada tahun 2017 dari pihak BPD dan masyarakat desa, dengan menggunakan kerangka baja, sedangkan pemasarannya melalui anggaran BUMDes.

Ia berharap dari BUMDes bisa mempromosikan hasil ikan lele yang bertujuan untuk mengatasi lingkungan dan bisa maju bersama. (ran/3).

Comment

BERITA TERBARU