Dengar Nama-nama Ikan dari Babel, Menteri Puan Malah Kaget

  • Whatsapp

 

Acara penyerahan bantuan PKH di SMAN 1 Pangkalpinang, Kamis (foto: Nurul K)

Pangkalpinang – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani terlihat kaget, ketika mendengar ada jenis ikan tenggiri rakyat dari Nirinda, penerima bantuan PKH yang diserahkan secara simbolis oleh Puan Maharani di SMAN 1 Pangkalpinang, Kamis (1/3/3/2018).

“Ada ya ikan tenggiri rakyat, ikan apa tadi namanya, kok saya baru tau ada banyak nama ikan ternyata,” kata Puan seraya bertanya kepada istri Gubernur Babel Melati Erzaldi dan peserta yang hadir.

Puan meminta Nirinda untuk menyebutkan lima jenis ikan yang dia ketahui, ikan menurut Putri Megawati ini merupakan salah satu makanan yang bergizi yang bisa diberikan kepada anak-anak dan keluarga.

Menjawab pertanyaan Puan, ibu dua anak itu menyebut ikan dencis yang kemudian ia beri nama tenggiri rakyat, kemudian ikan ciu, kepetek, berujung, kerisi, kembung. Atas jawabannya, Nirinda pun membawa pulang rice cooker.
“Ikan ciu ada juga ya, kok saya gak tau, kalau kembung saya tau,” imbuh Puan.

Ia meminta pada penerima PKH untuk menggunakan uang yang diterima dari pemerintah untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga dan memberikan makanan yang sehat dan bergizi.

“Diharapkan ibu-ibu inilah yang bisa bertanggungjawab pergunakan uangnya untuk hal berguna bagi keperluan anak, kalau ibu hamil bisa beli makanan sehat, berikan makanan sehat bergizi untuk anak, ada tempe tahu sayur telur dan ikan,” pesannya.(nov)

Related posts