Dari 42 Kelurahan, Kelurahan Air Mawar Kesempatan Emas Terpilih Program Sanimas

  • Whatsapp

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Lurah Air Mawar, Kecamatan Bukit Intan Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Anton Martjuda mengatakan program sanimas merupakan pembuangan akhir atau WC besar yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat.

Program Sanimas adalah program Sanitasi Berbasis Masyarakat atau program peningkatan kualitas lingkungan di bidang sanitasi, khususnya pengelolaan air limbah yang diperuntukkan bagi kawasan padat kumuh miskin perkotaan dengan menerapkan pendekatan pemberdayaan masyarakat.

Hal ini disampaikan Anton dihadapan warga dalam kegiatan sosialisasi masyarakat program sanimas reguler di Pos PAUD Air Mawar di Jalan Air Mawar, Rabu (22/7/2020).

“Salah satu permasalahan masyarakat yang ada di kelurahan kita ini adalah masalah pembuangan akhir. Mungkin masalah WC ataupun kamar mandi, setiap rumah sudah ada cuma kekurangannya pembuangan akhir dan saluran air,” jelasnya.

Baca Lainnya

Maka berangkat dari permasalahan pembuangan akhir ini, menurut Anton, Walikota Pangkalpinang langsung mengusulkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) untuk mambantu warga mengatasi hal ini.

“Alhamdulillah, Kelurahan Air Mawar salah satu yang terpilih dari 42 kelurahan. Jadi memang kesempatan emas ini sangat langka dan sulit, jangan sampai tidak dimanfaatkan,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, pemerintah dalam hal ini Kelurahan Air Mawar akan selalu mensupport warganya dalam program tersebut.

“Kembali lagi kepada masyarakat, mau apa tidak. Kalau mau, ayo,” pesan Anton.

Lebih lanjut Lurah berharap sosialisasi program Sanitasi reguler ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh warga.

“Semoga bisa bermanfaat. Tdak serta merra dibangun selesai tetapi harus dipelihara,” pungkas Anton. (bis)

Related posts