Dapil Sungailiat Terancam Berkurang Jatah Kursi

Alami Pergeseran Penduduk

SUNGAILIAT – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka, H Zulkarnain mengatakan alokasi kursi untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Sungailiat mengalami pergeseran karena pengurangan penduduk.
Pergeseran ini menyebabkan Dapil Sungailiat terancam kehilangan alokasi satu kursi untuk pemilihan legislatif (pileg) 2019.
Menurut Zulkarnain, faktor perubahan dapil dan alokasi kursi ini disebabkan berkurang dan bertambahnya jumlah penduduk di satu kecamatan dalam wilayah kabupaten/kota.
“Berdasarkan hitungan data kependudukan untuk Dapil Sungailiat berkurang jumlah kursi Anggota DPRD pindah ke dapil lain akibat berkurangnya jumlah penduduk,” ujarnya.
Namun untuk alokasi kursi DPRD di Kabupaten Bangka, tambahnya, tidak ada perubahan tetap sebanyak 35 kursi.
Dijelaskannya, dalam menentukan jumlah kursi ada rumusnya yakni jumlah penduduk dicari bilangan pembagi penduduk ketemu bilangan pembagi penduduknya berapa.
Jumlah penduduk kita dibagi 35 kursi ketemulah bilangan pembagi penduduk. Dari jumlah penduduk itu masing-masing per dapil itu tinggal dibagi,” bebernya.
Diakuinya, jumlah penduduk di Kecamatan Sungailiat dari data sebelumnya banyak ganda, meninggal dunia dan pindah setelah disisir kembali maka berkurang sehingga mempengaruhi jumlah alokasi kursi untuk DPRD.
Untuk pergeseran jumlah alokasi kursi ke dapil lain, dikemukakan Zulkarnain belum bisa dipastikan karena pembahasan bersama partai politik belum final.
“Untuk dapil yang bertambah alokasi kursinya belum tentu tergantung rancangan yang mau dipakai bagaimana. Belum semua masih digodok nanti kami pada tanggal 14 Desember akan mengundang parpol kembali bicara mengenai masalah ini, opsinya seperti ini. Kalau sudah mantap berdasarkan hasil yang ada baru kita ajukan ke KPU RI untuk ditetapkan KPU RI yang menetapkan Dapil itu,” imbuhnya.
Menurutnya, nanti ada beberapa opsi tergantung kajiannya seperti apa melalui pembahasan dengan partai politik.
“Apa bisa jadi empat dapil, lima dapil tergantung nanti tetapi ada pertimbangan, ada aturan-aturannya, pembagian itulah,” pungkasnya.
Berdasarkan data KPU RI dari Pileg 2014, untuk DPRD Kabupaten Bangka ada lima dapil dengan 35 jumlah kursi.
Rinciannya yaitu Dapil Bangka 1 (Sungailiat) jumlah kursi ada 11, Dapil Bangka 2 (Mendo Barat) enam kursi, Dapil Bangka 3 (Merawang – Puding Besar) lima kursi, Dapil Bangka 4 (Pemali – Bakam) lima kursi dan Dapil Bangka 5 (Belinyu-Riau Silip) dengan delapan kursi. (snt/6)

No Response

Leave a reply "Dapil Sungailiat Terancam Berkurang Jatah Kursi"