by

Danrem Tutup Pelaksanaan TMMD ke-102

Danrem 045/Garuda Jaya (Gaya), Kolonel Inf Dadang Arif Abdurahman menyaksikan penandatanganan berita acara di acara penutupan pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 di Lapangan Desa Tanjung Pura, Kecamatan Sungai Selan, Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (8/8/2018).(foto: ist)

SUNGAISELAN – Komandan Korem (Danrem) 045/Garuda Jaya (Gaya), Kolonel Inf Dadang Arif Abdurahman secara resmi menutup pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 di Lapangan Desa Tanjung Pura, Kecamatan Sungai Selan, Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (8/8/2018).

Kegiatan yang bertajuk “Manunggal Membangun Karakter Generasi Milenial” tersebut ditandai dengan digelar upacara yang dihadiri oleh Ketua DPRD Babel, unsur Forkopimda Babel, Bupati Bangka Tengah, Kapolres Bangka Tengah beserta unsur SKPD Bateng.

Adapun rangkaian kegiatan tersebut diantaranya penandatanganan dan penyerahan hasil pekerjaan TMMD oleh Dandim 0413/Bangka Letkol Arm Riski Budianto kepada Bupati Bangka Tengah dan penandatanganan prasasti peresmian Kampung KB Desa Kerantai Kecamatan Sungaiselan.

Selain itu juga, dilakukan penyerahan sarana dan prasarana budidaya perikanan, penyerahan sembako kepada masyarakat, penyerahan KTP, KK, akta kelahiran kepada masyarakat dan peninjauan Bhaksos pelayanan terpadu, serta pameran dagang diakhiri dengan peninjauan lokasi TMMD.

Danrem membacakan amanat Kepala Staf TNI AD menyampaikan, pembangunan wilayah desa merupakan salah satu realisasi dari kebijakan nasional Nawacita yang ingin mewujudkan pembangunan Indonesia dari pinggiran.

“Lebih jauh fokus titik dari pembangunan ini berupaya mewujudkan kestabilan dan kemajuan Indonesia secara keseluruhan. Melalui pembangunan tersebut, potensi yang ada di pedesaan harus dikembangkan dan kekurangan yang ada harus diatasi, guna mencapai pemerataan, pertumbuhan dan kemandirian desa secara berkelanjutan,” ujarnya dalam rilis yang diterima Rakyat Pos, Rabu malam.

Kata dia, salah satu peran nyata TNI dalam mendukung pembangunan tersebut dengan turut serta dalam kegiatan TMMD ke-102 tahun 2018 yang diselenggarakan selama 30 hari sejak 10 Juli sampai 08 Agustus 2018.

“Dalam mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, dilaksanakan TMMD tiga kali dalam setahun sebagai wahana untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong, rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan, serta ketahanan nasional guna mewujudkan keutuhan NKRI kepada masyarakat khususnya generasi milenial,” tukasnya.

Sasaran TMMD ke-102 ini secara fisik meliputi pembuatan badan jalan sepanjang 18 kilometer lebar 8 meter yang menghubungkan Desa Tanjung Pura ke Kecamatan Sungai Selan dengan hasil 100% dan Pembuatan jembatan kayu sebanyak tiga unit dengan hasil 100%.

Sedangkan sasaran non fisik meliputi Penyuluhan PKK, Hukum, Kesadaran Bela Negara dan Parade Cinta Tanah Air, Lingkungan Hidup, Kesehatan dan KB, selanjutnya penyuluhan Pertanian, Wawasan Kebangsaan, Kamtibmas, Bahaya Narkoba, Bintal dan Agama serta Penyuluhan Penerapan teknologi dengan masing-masing penyuluhan sebanyak satu kali.

Selanjutnya sasaran tambahan RTLH rumah 2 unit dengan hasil 100%, rehab Pos Kamling 2 unit dengan hasil 100%, rehab Lapangan Volli 1 unit dengan hasil 100 %.

Kemudian pelibatan personel Satgas TMMD sebanyak 150 orang, masyarakat setiap hari 50 orang dengan dukungan anggaran dari Komando Atas sebanyak Rp 355.500.000,- APBD Bangka Tengah Rp 970.150.000,. (bis/3)

Comment

BERITA TERBARU