Dandim 0413/Bka Ancam Prajurit yang Terlibat Narkoba

  • Whatsapp
Komandan Kodim (Dandim) 0413/Bka Kolonel Inf Pujud Sudarmanto

PANGKALPINANG – Komandan Kodim (Dandim) 0413/Bka Kolonel Inf Pujud Sudarmanto, mengingatkan anak buahnya untuk menjauhi narkoba. Bahkan secara tegas, sanksi berupa pemberhentian dengan tidak hormat akan dijatuhkan jika personilnya menjadi pemadat maupun bandar narkoba.

” Kalau nanti ada tentara ikut sebagai pengguna dan pengedar, tak selesaikan. Dipecat sama saya, gak ada urusan,” tegas Pujud.

Read More

Disampaikannya, saat ini narkoba sudah mewabah disegala penjuru Indonesia, dan sudah masuk kemana-mana, dan ini merupakan salah satu cara untuk menghancurkan Bangsa Indonesia. Dicontohkannya, narkoba seperti Proxy War, yaitu bagaimana perang suatu negara menghancurkan negara lain tanpa dengan kontak fisik, face to face.

“Pernah saya sampaikan di wawasan kebangsaan, ini adalah Proxy War. Ini contohnya, negara dihancurkan generasi muda dengan narkoba. Kalau orang sudah kena narkoba, maka alam pikirnya pun sudah gak benar,” tutur Dandim.

Diakuinya, personel Kodim 0413/Bangka beserta jajarannya hingga saat masih tergolong Zero Narkoba alias nihil yang terlibat.

“Alhamdulillah ya, baru akhir tahun kemarin saya sudah melaksanakan pengecekan urine kepada anggota. Dari anggota yang kita laksanakan tes urine, tidak ada anggota yang terlibat narkoba, semua negatif,” ungkapnya.

Dirinya sangat bersyukur anggotanya tidak ada yang terjerumus ke dalam lembah penyalahgunaan narkotika.

“Saya bersyukur dan ini saya seringkali ingatkan kepada anggota, jangan hanya anda tidak menggunakan, tetapi anda harus menjadi pelopor untuk melarang orang menggunakan narkoba. Melarang orang sebagai pengedar narkoba dan mencegah orang untuk tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba,” terang Kolonel Inf Pujud Sudarmanto.

Untuk itu, Dandim mengajak seluruh tentara dan masyarakat harus membentengi diri dengan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa agar terhindar dari narkoba.

“Yang paling utama keimanan, bagaimana kita meningkatkan iman kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena itu adalah segala-galanya bagi kita. Kita berbuat apapun juga, kalau kita tidak diiringi keimanan tidak ada apa-apanya,” pesannya.

Selain itu, ia mengingatkan agar prajurit untuk selalu berbuat baik kepada siapapun, termasuk juga masyarakat. Tak hanya itu saja, dia juga mengimbau untuk selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa.

“Bagaimana kita bisa memiliki keimanan, berbuat baik tapi keimanan kita tidak ada. Tidak bisa mensyukuri nikmat yang Tuhan berikan, tidak bisa berterima kasih kepada Tuhan, apa yang Tuhan berikan kepada kita,” imbuh Dandim.

Oleh sebab itu dia menegaskan bahwa Jam Komandan (Jamdan) harus terus digiatkan pelaksanaannya.

“Pengarahan tentang narkoba ini sering saya sampaikan, supaya di otak dia memang benar narkoba itu tidak baik. Bagaimana dia juga menyampaikan kepada masyarakat sekitar untuk mencegah narkoba, kalau perlu bisa membantu BNN menangkap pengedar-pengedat narkoba ini. Mari kita tingkatkan lagi keimanan untuk mencegah hal-hal itu,” tandasnya. (bis/7)

Related posts