Danau Kaolin Masuk Nominasi API 2019

  • Whatsapp
Destinasi wisata Bangka Tengah Danau Kaolin inilah yang masuk dalam daftar nominasi destinasi unit pada Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2019.(foto: tamimi)

Bupati Ajak Masyarakat Babel Mendukung

KOBA – Destinasi wisata Bangka Tengah Danau Kaolin masuk dalam daftar nominasi destinasi unit pada Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2019.

Danau Kaolin yang terletak di Desa Nibung, Kecamatan Koba tersebut akan bersaing dengan destinasi wisata lainnya yang ada di Indonesia untuk memperebutkan penghargaan API 2019, diantaranya Buging Karang Kabupaten Kepulauan Selayar, Danau Napabale – Kabupaten Muba, Garuda Wisnu Kencana – Kabupaten Badung, Gua Batu Hapu – Kabupaten Tapin, Kilometer Nol Indonesia – Kota Sabang, Lubuk Larangan – Kabupaten Bungo, Padjadjaran Anyar Skylodge – Kabupaten Purwakarta dan Patung 1000 Budha – Kota Tanjungpinang.

Dengan masuknya Danau Kaolin sebagai salah satu nominasi penerima penghargaan API 2019 untuk kategori destinasi unik, Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh mengajak masyarakat Bangka Tengah khususnya dan Bangka Belitung pada umumnya untuk dapat mendukung Danau Kaolin meraih penghargaan API 2019 untuk kategori Destinasi unik.

“Danau Kaolin adalah wisata mini, dan itu memanfaatkan potensi yang diberikan Allah SWT supaya dimanfaatkan lebih baik untuk kemaslahatan masyarakat dan lingkungan,” ujarnya kepada wartawan, Senin (01/07/2019).

Dikatakannya, Danau Kaolin sendiri merupakan danau peninggalan eks tambang Koba Tin yang telah lama ditinggalkan.

“Danau Kaolin ini merupakan eks tambang PT Koba Tin sekitar tahun 1971 yang lalu dan kita Pemkab Bangka Tengah bersama masyarakat memanfaatkan potensi yang sudah ada apakah itu eks tambang dan yang lainnya menjadi lebih bermanfaat bagi masyarakat dan generasi penerus kita,” ungkapnya.

Ia berharap, masuknya Danau Kaolin dalam Nominasi API 2019 kategori destinasi unik itu, menjadikan Danau Kaolin menjadi lebih ramai lagi dikunjungi para wisatawan.

“Kami Pemkab Bangka Tengah tentunya terus memperbaiki destinasi tersebut khususnya yang berhubungan dengan lingkungan, dan ini salah satu bentuk bagaimana memanfaatkan eks tambang yang dikatakan rusak itu menjadi lebih bermanfaat baik lingkungan, ekonomi maupun pemberdayaan masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Nibung, Roni Fahrizal mengucapkan rasa syukurnya atas masuknya Danau Kaolin masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2019 untuk kategori Destinasi unik.

“Tentu kita Pemerintah Desa Nibung mengucapkan Alhamdulillah atas masuknya danau Kaolin ini dalam nominasi API 2019 kategori Destinasi unik,” tuturnya.

Roni berharap dengan masuk dalam nominasi API Tahun 2019 tersebut menjadikan Danau Kaolin menjadi lebih terkenal sehingga menjadikan danau Kaolin menjadi tempat tujuan wisata bagi para wisatawan.

“Kita berharap dengan masuknya nominasi API Tahun 2019 ini, menjadikan Danau Kaolin lebih terkenal lagi dan menjadi tempat para wisatawan berkunjung,” pungkasnya. (ran/3).

Related posts