DAK Pangkalpinang Naik 100 Persen

  • Whatsapp

DAU Capai Rp25 M
Budiyanto: Ini Sejarah Bagi Pangkalpinang

PANGKALPINANG -Dana Alokasi Khusus (DAK) Kota Pangkalpinang tahun anggaran 2017 mengalami kenaikan hingga 100 persen. Selama ini DAK tersebut tidak pernah mengalami kenaikan hingga 100 persen dan disebut-sebut menjadi sejarah bagi Pemkot Pangkalpinang.

“Tahun ini DAK kita meningkat 100 persen ketimbang tahun yang lalu. Ini semua berkat lobi Walikota dan Wakil Walikota Pangkalpinang untuk menarik dana dari pusat. Ini sejarah bagi Kota Pangkalpinang,”ujar Kabid Anggaran Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Pangkalpinang, Budiyanto, belum lama ini.

Selain DAK, kata dia, tahun ini, Pemkot Pangkalpinang juga dipastikan mengalami kenaikan Dana Alokasi Umum (DAU) hingga Rp25 miliar.

Baca Lainnya

“Tahun lalu DAU kita Rp5 miliar dan tahun ini naik menjadi Rp30 miliar. Tidak ada pemerintah daerah lain yang memiliki anggaran DAU hingga Rp30 miliar,”ungkapnya.

Ia menjelaskan, kenaikan anggaran dari pemerintah pusat merupakan kebanggaan tersendiri karena dapat diartikan pemerintah pusat menilai Pemkot Pangkalpinang memiliki kinerja yang baik.

Kenaikan tersebut juga kata dia, menandakan Pemkot Pangkalpinang mampu menjadi magnet bagi pemerintah pusat, ditengah sulitnya daerah lain meminta kenaikan alokasi anggaran dari pemerintah pusat.

“Kenaikan puluhan miliar ini sangat signifikan karena kalau mengharapkan dana APBD untuk membangun ibukota provinsi tentu tidak cukup. Maka patutlah kita berbangga atas kepempimpinan walikota dan wakil walikota,” katanya.

Selain mengandalkan dana pemerintah, kedepan Pemkot Pangkalpinang juga meminta kepada pihak swasta untuk berpartisipasi membangun Kota Pangkalpinang melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan.

“CSR dari swasta juga akan menjadi sumber untuk memajukan masyarakat Kota Pangkalpinang baik melakukan pembangunan langsung atau pemberdayaan masyarakat,” katanya. (bum/10)

Related posts