Daftar STTD, Lulus Langsung PNS

  • Whatsapp

Sarju: Lulusan Asal Babel Masih Sedikit

PANGKALPINANG- Siapa yang tak mau setelah lulus kuliah, langsung menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pemerintah membuka jalur pembibitan bagi lulusan sekolah menengah atas untuk menjadi abdi negara melalui sekolah ikatan dinas.

Salah satu diantaranya adalah Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD). Namun, untuk masuk ke sekolah ikatan dinas ini, memang harus menempuh beberapa syarat dan test serta bersaing dengan ribuan pelajar lain se- Indonesia.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bangka Belitung (Babel), Sarjulianto mengatakan, untuk penerimaan jalur pembibitan di STTD ini mulai dibuka pendaftaran pada 9-31 Maret 2017 yang dilakukan secara online di www.panselnas.id. Pendaftaran di Bangka Belitung bisa berkoordinasi dengan dinas perhubungan.

“Kita masih membutuhkan 280 tenaga transportasi, dan yang baru terpenuhi saat ini baru 14 taruna, sekitar 4 persen. Kita harap melalui pola pembibitan ini tahun 2017 setidaknya bisa bertambah, kita siapkan kuota 30 orang taruna taruni,” kata Sarjulianto kepada wartawan, Jumat (3/3/2017).

Sarjulianto menyebutkan, untuk pola pembibitan tersebut semua biaya pendidikan ditanggung pemerintah, dengan alokasi dana untuk satu taruna D IV satu tahun dianggarkan Rp60 juta.

“Tahun ini kita alokasikan 30 kuota, mudah-mudahan nanti bisa terpenuhi, tapi kita sangat menyayangkan yang lulus seleksi dari Babel masih sedikit, tahun lalu dari 86 yang ikut test yang lulus hanya tujuh, padahal biaya pendidikan ditanggung, begitu lulus langsung menjadi CPNS dan terima gaji,” bebernya.

Sarjulianto mengimbau, agar pelajar di Babel dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menjadi abdi negara. Untuk yang dikerjasamakan melalui jalur pembibitan ini, adalah dibidang D IV Transportasi Darat dan D III Lalu Lintas Jalan.

“Untuk itu, sosialisasi ini terus digalakkan supaya tahun ini bisa lebih meningkat, tahun ini kita roadshow ke Belitung, Beltim dan di Pangkalpinang, Bateng sudah, Senin nanti di Babar, kita ke sekolah sosialisasi agar siswa tau bahwa ada jalur pembibitan ini,” terbangnya.

Mantan kepala dinas pekerjaan umum ini mengatakan bagi siswa Babel yang berminat, dapat membuka di portal seleksi nasional www.panselnas.id. Disitu akan tercantum semua prosedur dan persyaratan.

“Salah satu persyaratan adalah siswa berumur maksimal 23 tahun pada bulan April, kemudian laki-laki dengan tinggi 165 cm, wanita 160. Nilai rata-rata untuk 3 mata pelajaran bernilai 7. Kita berharap tahun ini yang lolos bisa lebih banyak,” tutupnya. (nov/10)

Related posts