by

Daba Kabupaten/Kota Dipangkas Rp74 M

-NEWS-12,649 views

Pemprov Alami Defisit Anggaran

PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung (Babel) terpaksa memangkas anggaran dana bantuan (daba) untuk enam kabupaten dan satu kota di provinsi Babel, tahun ini, lantaran Pemprov mengalami defisit anggaran.
Kabid Anggaran Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Pemprov Babel, Amin menyebutkan, pihaknya menunda transfer dana ke kabupaten kota sebesar Rp74 M.
“Tahun ini daba untuk kabupaten/kota totalnya Rp Rp.287 miliar, karena kita defisit anggaran maka kita tunda Rp74 M, artinya yang dibagikan Rp.213 miliar,” katanya, belum lama ini.
Amin menjelaskan pengurangan Daba APBD terjadi pada Kabupaten Bangka dari Rp.55,5 miliar di tunda Rp.24,4 miliar, Bangka Barat Rp.35,4 miliar di tunda Rp.23,3 miliar, Bangka Selatan Rp.30,5 miliar di tunda Rp.10,5 miliar, Belitung Rp.20,3 miliar di tunda Rp.10,3 miliar dan Belitung Timur Rp.22,8 miliar di tunda Rp.5,8 miliar.
Ia berharap, kabupaten/kota bisa memaklumi penundaan ini, karena untuk menutupi defisit anggaran di Pemprov.
“Bukan hanya daba saja, tetapi kita juga melakukan efisiensi anggaran di OPD, demikian juga bantuan dana hibah,” jelasnya.
Kedepan, Pemprov akan lebih berupaya untuk menggenjot pendapatan agar lebih maksimal sehingga bisa menambah keuangan Pemprov Babel.
“Bersama OPD terkait kita akan maksimalkan potensi PAD yang ada,” pungkasnya.(nov/6)

Comment

BERITA TERBARU