Cegah Demensia dengan Pola Hidup Sehat

  • Whatsapp
Kepala Dinkes Kabupaten Bangka, dr. Then Suyanti (tengah) saat menghadiri simposium tentang demensia di Ballroom Hotel Novilla Sungailiat, Sabtu (26/10/2019). (foto: Dinkominfotik)

SUNGAILIAT- Demensia bukan penyakit spesifik, tetapi merupakan sekelompok kondisi yang ditandai dengan penurunan setidaknya dua fungsi otak, seperti hilangnya memori dan kemampuan menilai. Demensia dapat dicegah sedini mungkin dengan menerapkan pola hidup sehat.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka, dr. Then Suyanti di Ballroom Hotel Novilla Sungailiat, Sabtu (26/10/2019). “Demensia dapat ditunda dan dicegah dengan membiasakan pola hidup yang sehat,” tuturnya.

Secara spesifik, dia mengatakan, upaya pencegahan dapat dilakukan seperti melakukan aktifitas fisik secara rutin setiap minggu serta mengkonsumsi makanan sehat.

Selain itu, dibutuhkan serangkaian pemeriksaan medis secara rutin yang bertujuan melihat seberapa besar faktor resiko pasien terkena Demensia.

“Jadi Demensia ini kan menyerang sistem kerja otak sehingga terjadi kerusakan. Untuk itu, perlu dilakukan pemeriksaan rutin dan akan diperlajari mengenai faktor resiko yang mungkin saja menyerang pasien,” kata Then.

Lebih lanjut diharapkannya kesadaran seluruh elemen masyarakat untuk melakukan pencegahan sejak dini demi mewujudkan masa tua yang bebas dari Demensia.

“Melalui simposium ini harapan kita dapat memberi pengetahuan terhadap masyarakat umum,” pungkasnya. (Dinkominfotik)

Related posts