Cegah Covid-19, Lapas Tiadakan Kunjungan Keluarga

  • Whatsapp
Anas Syaeful Anwar

PANGKALPINANG- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Bangka Belitung (Babel), Anas Syaeful Anwar menegaskan pihaknya menerapkan pola protokol kesehatan yang ketat terhadap warga binaan di lembaga pemasyarakatan (lapas).

Dia mengakui penuhnya penghuni di Lapas, tidak bisa membuat warga binaan untuk jaga jarak. Namun demikian, upaya pencegahan penyebaran dan penularan Covid-19 tetap dilaksanakan. “Memang, lapas kita over kapasitas, mengantisipasi itu, kami membuat aturan yang tegas,” kata Anas, Senin (29/6/2020).

Aturan ini, adalah meniadakan jam kunjungan keluarga ke lapas, dan diganti dengan video conference dengan pihak keluarga, yang tentunya difasilitasi oleh petugas. “Tidak ada tahanan baru yang masuk, kecuali sudah diputuskan peradilan atau tahanan hakim juga sudah boleh masuk,” tegasnya.

Disinggung apakah ada tahanan baru yang masuk selama pandemi, Anas menyebutkan ada beberapa tahanan yang masuk, tetapi pihaknya memberlakukan beberapa aturan.

Baca Lainnya

“Sebelum masuk tentunya kita lakukan Pemerintah, screening dulu, setelah itu ditempatkan di sel khusus, isolasi selama 14 hari, baru bergabung dengan yang lain,” jelasnya.

Tak hanya itu, juga diberikan vitamin dan buah-buahan pendukung lainnya untuk meningkatkan imunitas tubuh, disamping olahraga dan aktivitas lainnya.

“Kami juga meminta warga binaan untuk tidak berkerumun atau menyebar ketika melakukan aktivitas, dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” imbuhnya. (nov/10)

Related posts