Calon Perseorang Didukung 10 Persen DPT

  • Whatsapp

Dibuktikan Surat Pernyataan

MUNTOK – Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Bangka Barat menetapkan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat 2020, harus didukung 10 persen dari jumlah penduduk yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir sebanyak 278.716.
Syarat tersebut tertuang dalam Keputusan KPU Bangka Barat Nomor : 58/PL.02.02-Kpt/1905/KPU-Kab/X/2019.
Menurut Divisi Teknis Penyelenggaraan Pilkada, Harpandi,persyaratan calon perseorang atau independen harus didukung 10 persen dari jumlah penduduk Bangka Barat yang masuk DPT terakhir.
“Jadi DPT ada 278.716, sepuluh persen dari itu yakni 12.716, inilah yang menjadi prasyarat bagi calon perorangan itu,” terang Harpandi, dalam sosialisasi di Cafe Katiga Mentok, Rabu (30/10/2019).
Disamping fotocopy KTP Elektronik, lanjut dia, dukungan tersebut harus dibuktikan dengan surat pernyataan dan ditandatangani oleh masyarakat yang mendukung.
Lebih lanjut Harpandi menuturkan, KPU menganggarkan lima pasangan calon untuk Pilkada Bangka Barat tahun 2020 mendatang.
“Kita dari calon independen ini yang kita buat ada tiga pasang, dari parpol dua pasang, jadi kita siapkan itu ada lima pasangan calon, ini nanti bisa saja tiga dari parpol dan dua dari independen ataupun sebaliknya,” ujarnya.
Namun kata dia, hingga saat ini belum ada tanda-tanda akan muncul calon independen yang akan mendaftarkan diri.

Wakil Ibnu Saleh Inisial A

Terpisah, Calon petahana Ibnu Saleh belum membuka nama calon wakil bupati yang akan mendampingi dirinya dalam pencalonan kepala daerah Bangka Tengah Tahun 2020.
“Soal pendamping atau wakil saya belum bisa disampaikan. Tapi, ada wakilnya yang pasti orangnya dari Bangka Tengah,” ujar Ibnu saat dikonfirmasi Rakyat Pos, Rabu (30/10/2019).
Ia sempat menyebutkan ada huruf “A” dalam nama tersebut. Namun apakah A berinisial nama Algafry Rahman. Ia pun menampik, menurutnya A itu bisa saja Algafry, Rahmat, Yandi, atau yang lainnya.
“Yang pasti ada huruf A-nya dalam nama nanti. Silakan kawan-kawan wartawan menerjemahkan sendiri,” terangnya.

Dipenghujung wawancara, Ibnu menjelaskan latar belakang wakil masih bersifat umum, bisa dari kalangan partai atau kalangan profesional.
“Kalau saya terserah saja, dari kalangan partai atau profesional cocok saja menjadi wakil. Tapi, maaf belum kita deklarasikan saat ini,” tuturnya.
Untuk diketahui, petahana Ibnu Saleh sudah mendaftar melalui Partai Nasdem Bangka Tengah untuk maju ikut Pilkada Bangka Tengah 2020. Tinggal saat ini, menunggu wakil siapa nama yang mendampingi mantan sekda tersebut. (wan/ran/6)

Related posts