by

Calon Jemaah Haji Bangka Diminta Lunasi BPIH

-Bangka-93 views

SUNGAILIAT- Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka, Paidi meminta calon jemaah haji yang akan berangkat tahun ini mempersiapkan uang untuk pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

“Pelunasan sudah bisa dilakukan hingga 15 April mendatang. Jemaah haji Bangka masih masuk di embarkasi Palembang. Sesuai Keputusan Presiden RI Nomor 8 untuk BPIH tahun ini sebesar Rp33 juta lebih,” kata Paidi kepada wartawan, Rabu (20/3/2019).

Menurut dia, pihaknya juga akan melaksanakan manasik haji yang akan digelar di masing-masing kecamatan. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada akhir Maret 2019 dengan 10 kali pertemuan. Padli tidak mempermasalahkan ada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang juga memfasilitasi kegiatan manasik haji.

“Silakan saja kelompok-kelompok bimbingan memfasilitasi jemaah di daerah ini, melakukan pemantapan pembekalan jemaah, silakan. Memang ada manasik haji yang dilaksanakan di Masjid Agung Sungailiat dan Masjid Al Ittihad Sripemandang,”ujarnya.

Selain membekali dengan manasik haji, calon jemaah haji juga akan dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka. Menurut Padli, pemeriksaan kesehatan sangat penting, karena ibadah haji adalah ibadah yang membutuhkan fisik yang baik.

Dia berharap, para calon jemaah haji mulai saat ini dapat menjaga kondisi kesehatan dengan rajin berolahraga termasuk rajin mengkonsumsi makanan bergizi.

“Makanya kesehatan harus dijaga. Tim kesehatan juga telah melakukan pelatihan kebugaran jasmani dan melakukan tes kesehatan kepada calon jemaah tujuannya untuk mendeteksi penyakit-penyakit supaya nanti bisa diketahui apabila ada yang mengalami penyakit tertentu akan cepat dilakukan penanganan,” katanya.(2nd/10)

Comment

BERITA TERBARU