Caleg Jangan Pasang Baliho di Pohon

  • Whatsapp

Bawaslu: Jangan Beri Contoh yang Tidak Baik

PANGKALPINANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pangkalpinang meminta kepada para calon legislatif (caleg) untuk memasang alat peraga kampanye (APK) sesuai aturan yang ditetapkan. Bawaslu menyoroti pemasangan APK yang menempel di pohon di wilayah Pangkalpinang.

Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kota Pangkalpinang Novrian Saputra mengingatkan pemasangan APK maupun bahan kampanye di pepohonan tidak dibenarkan. Selain melanggar peraturan KPU, calon juga berkontribusi dalam merusak pepohonan sebagai paru-paru suatu kawasan.

“Calon harusnya memberikan pendidikan politik kepada masyarakat dengan cara tidak melanggar ketentuan terhadap pemasangan alat peraga maupun bahan kampanye, bukan malah sebaliknya memperlihatkan contoh yang tidak baik kepada masyarakat,” kata Novrian kepada wartawan, Kamis (31/1/2019).

Dengan memasang di tempat yang dilarang, khususnya pepohonan lanjutnya, Bawaslu mengimbau kepada calon maupun relawan yang memasang untuk secara sadar menertibkan atau menurunkan alat peraga maupun bahan kampanye calonnya yang melanggar, sebelum dilakukan inventarisir, peringatan dan penertiban oleh pihak terkait.

Selain itu, Novrian juga mengimbau, agar masyarakat untuk memberikan penilaian kepada calon yang melanggar dan memberikan info kepada Bawaslu Pangkalpinang apabila ada calon yang melanggar pemasangan APK.

“Karena memberikan pendidikan politik bukan hanya kewajiban penyelenggara tetapi juga menjadi kewajiban bersama, khususnya peserta pemilu,” pungkasnya. (ron/10)

Related posts