Bus Wisata Air Bakal Hadir di Babel

  • Whatsapp

Pemprov Rencanakan Tahun 2020

PANGKALPINANG- Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) berencana menjadikan bus wisata air sebagai moda transportasi antarpulau untuk wisatawan. Bus air ini sebagai salah satu upaya menyikapi kurangnya moda angkutan wisatawan di daerah itu.

“Khusus pariwisata (bus air-red) nanti akan coba kita bangun, tahun 2020 ada rencana bangun bus air, untuk pariwisata. Nantinya, akan menghubungi antarpulau,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pemprov Babel, KA. Tajuddin, akhir pekan lalu.

Selain itu, kata dia, ada tawaran kapal Roro yang akan dimodif untuk semacam seattle bus dengan rute mengelilingi pulau sambil wisatawan memancing dan sebagainya.

“Pak gubernur sudah merespon, mudah-mudahan ini nantinya dapat terealisasi dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan,” kata Tajuddin.

Sementara itu, kapal penumpang bagi wisatawan yang saat ini dikelola oleh swasta, nelayan atau kelompok masyarakat, idealnya, kata dia, harus memiliki kelengkapan keamanan atau safety.

“Idealnya perlu penyempurnaan, tetapi kondisi ril masyarakat butuh sedangkan fasilitas terbatas. Yang penting si operator kapal paham alat keselamatan yang harus ada dan wisatawan juga harus sadar jika memang tidak layak, enggak usah naik,” imbaunya.

Tajuddin berharap, kedepan, wisatawan merasa lebih nyaman aman ketika berwisata ke pulau-pulau yang ada di Provinsi Babel, khususnya di Pulau Belitung.

Untuk saat ini, memang banyak masyarakat yang menggeluti usaha transportasi antar-pulau untuk mengantarkan wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam di pulau-pulau kecil. Termasuk yang sudah tersohor adalah Pulau Lengkuas dan beberapa pulau kecil di Belitung dan Bangka. (nov/10)

Related posts