Buruan Daftar, PMI Pangkalpinang Siapkan 100 Kampil Beras bagi Pendonor

  • Whatsapp

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Berbagai upaya dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pangkalpinang untuk menjaga ketersediaan darah bagi masyarakat di Pangkalpinang dan sekitarnya. Salah satunya dengan menggelar aksi donor darah berhadiahkan beras dan suvenir cantik.

Read More

Giat kemanusiaan dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia yang akan dilaksanakan di UTD PMI Pangkalpinang, beralamat di Jalan Ican Saleh, Pangkalpinang itu, dihelat pada hari Sabtu, 20 Juni 2020 mulai pukul 08.00 hingga 14.00 Wib.

Untuk itu, kepada masyarakat pendonor darah, Sekretaris PMI Pangkalpinang, Wahyono mengimbau agar buruan mendaftarkan diri ke UTD PMI Pangkalpianang, karena PMI Pangkalpinang, telah menyiapkan 100 kampil beras yang diperuntukkan bagi 100 orang pendonor pertama.

“Kepada masing-masing pendonor pertama mulai dari urutan 1 sampai 100, akan mendapatkan 1 kampil beras seberat 5 kilogram ditambah bingkisan suvenir cantik. Beras dan suvenir ini, sengaja kami persiapkan sebagai ucapan terima kasih kami kepada para pendonor,” ujar Wahyono.

Wahyono menyebutkan, saat ini, stok darah yang ada di UTD Pangkalpinang sangat minim, karena pandemi Covid-19 saat ini.

Stok darah di UTD Pangkalpinang per tanggal 18 Juni 2020 hingga pukul 17.00 Wib, Gglongan darah A = 17, B = 16, O = 22, golongan AB = 7. “Informasi stock darah ini bisa dilihat di https://pmipangkalpinang.wordpress.com/stock-darah-pangkalpinang,” kata Wahyono.

“Mudah-mudahan, dengan kegiatan ini, dapat menambah persediaan darah yang ada di UTD PMI Pangkalpinang, dan target kita 100 kantong darah bisa terkumpul,” harap Wahyono.

Dalam pelaksanaan giat donor darah nanti, ditambahkan Wahyono, pelaksanaannya tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19, seperti menggunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan.

Selain itu, Wahyono menjelaskan, untuk mendonorkan darahnya, seseorang harus memenuhi syarat, diantaranya harus sehat jasmani dan rohani, usia minimal 17 tahun maksimal 60 tahun, berat badan minimal di atas 45 kg, tekanan darah Sistole 100 – 160 mmHg * Diastole 60 – 100 mmHg, apabila tekanan darah kurang atau lebih, boleh donor atas persetujuan Dokter, kemudian kadar haemoglobin 12,5 gr/dl sampai dengan 17,0 gr/dl.

Related posts