by

Bursa Inovasi Desa 2018, Parhan: Upaya Percepat Penanggulangan Kemiskinan di Pedesaan

Bupati Bangka Barat Parhan Ali foto bersama peserta Bursa Inovasi Desa Tahun 2018 yang dilaksanakan di Gedung Graha Aparatur Pemkab Bangka Barat Senin (24/9/2018).(foto: ist).

MUNTOK – Bursa Inovasi Desa tahun 2018 merupakan pelaksanaan kedua yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat yang melibatkan seluruh Kepala Desa Sebangka Barat, BPD dan perwakilan tokoh masyarakat desa, serta merupakan tindak lanjut dari surat keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia tentang Penepatan Pedoman Umum Program Inovasi Desa.

Kegiatan Bursa Inovasi Desa Tahun 2018 yang dilaksanakan di Gedung Graha Aparatur Pemkab Bangka Barat Senin (24/9/2018) ini, secara resmi dibuka oleh Bupati Bangka Barat, dan turut dihadiri para Kepala OPD dilingkungan Pemkab Bangka Barat, Camat se Bangka Barat dan para tenaga ahli pendamping desa dan pendamping lokal desa Kabupaten Bangka Barat.

“Bursa Inovasi Desa merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan di daerah pedesaan dengan memanfaatkan dana desa secara lebih berkualitas dan merupakan upaya pengembangan kapasitas desa secara berkelanjutan,” ungkap Parhan saat menyampaikan sambutannya.

“Kegiatan ini, dirancang untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan memberikan banyak referensi dan inovasi pembangunan desa sesuai dengan karakteristik dan potensi desa masing-masing,” sambung Parhan.

Dalam Bursa Inovasi Desa Tahun 2018 ini, mengangkat beberapa program bidang inovasi desa yaitu bidang insfrastruktur desa, bidang kewirausahaan dan pengembangan ekonomi local serta bidang pengembangan sumber daya manusia.

Parhan juga mengharapkan untuk penggunaan dana desa melalui program inovasi desa ini, tidak hanya untuk membangun infrastruktur saja, tapi yang tidak penting adalah kewirausahaan dan pengembangan ekonomi local serta pembangunan sumber daya manusia, serta dapat bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat desa.

Plt. Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Barat, Muhammad Soleh mengharapkan agar Kepala Desa, BPD dan tokoh masyarakat dan seluruh peserta bursa inovasi desa yang hadir dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.(wan/3).

Comment

BERITA TERBARU