Burhanudin Apresiasi Sembahyang Rebut

  • Whatsapp

Perintis Yayasan Bantu Korban Banjir

Kelapa Kampit – Chit Nyet Pan atau disebut dengan Sembahyang Rebut, yaitu acara ibadah dan persembahan yang dilakukan oleh panganut agama Konghucu dengan maksud untuk mengantarkan para arwah melalui pembakaran persembahan.

Muat Lebih

Menariknya, acara diselingi dengan pembagian bingkisan sembako, yang dibagikan dengan cara diperebutkan secara bebas kepada masyarakat, tanpa memandang etnis maupun agama.

Acara ditutup dengan pembakaran miniatur kapal, pesawat dan patung yang terbuat dari kayu, serta bambu dan kertas, yang berukuran sangat besar.

Kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh Yayasan Kelenteng Kelapa Kampit bernama Xin Lu Tong Xin Fui juga dimeriahkan dengan panggung hiburan oleh Artis Ibukota Eric Song, Li Zhen, Louis, Steven Zhang, Icun Lin, Bian Lian (The Face).

Acara sembahyang rebut dilaksanakan di halaman Kelenteng kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur, Selasa (5/9/2017) malam, dihadiri Wakil Bupati Belitung Timur (Beltim), Kapolres Beltim, Kajari Beltim, Danramil Kelapa Kampit, Kapolsek Kelapa Kampit, serta seluruh pengurus yayasan kelenteng Kelapa Kampit.

Ketua Yayasan Kelentang Kelapa Kampit, Kamarudin Mutten menyampaikan kegiatan tersebut terlaksana atas sumbangsih segala elemen serta sumbangan berbagai pihak, baik di Beltim maupun dari Jakarta.

“Kegiatan ini tentunya dapat terlaksana atas sumbangsih berbagai pihak, bahkan dari Jakarta,” Sebut Kamarudin yang akrab disapa ‘Affa.

Wakil Bupati Belitung Timur, Burhanudin, memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan Sembahyang Rebut tersebut. Kegiatan tersebut menurutnya, adalah salah satu bukti penghargaan terhadap kebebasan beragama di Indonesia.

“Saya mengucapkan terima kasih atas undangan malam ini. Kami atas nama Pemerintah Daerah, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya. Disini terlihat Indonesia yang Berbhineka tunggal ika. Terlihat kerukunan antar umat beragama, acara ini tidak memandang suku dan agama. Dan saling menghargai antar keyakinan beragama, khususnya di Belitung Timur. Semoga kegiatan ibadah bagi masyarakat konghucu dapat meningkatkan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, selanjutnya semoga sahabat-sahabat selalu diberikan rezeki yang banyak, dan kesehatan,” kata Burhanudin saat memberikan sambutan.

Dalam kesempatan sama, Perintis Yayasan Kelenteng Kelapa Kampit, Lim Nyit Siong, didampingi oleh Ketua Yayasan, Kamarudin Mutten, memberikan bantuan rumah secara simbolis kepada korban bencana banjir bulan lalu, yaitu kepada Hamid (68).

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat, serta meringankan beban bapak sekeluarga, kiranya diterima bantuan ini,” ujar Lim Nyit Siong, saat menyerahkan secara simbolis kunci rumah kepada salah satu warga.

Affa prihatin melihat rumah Hamid yang kondisinya menurut Affa jauh dari standar kelayakan. “Melihat kondisi rumah yang memprihatinkan, jadi kami bantu. Selama ini keluarga tersebut tinggal dirumah tanpa WC, jadi kami buatkan rumah yang lengkap dengan dapur dan kamar mandi,” ungkap Affa.(yan/3).

Pos terkait