Bupati Serahkan Kambing Boerka ke Poktan Bruas – Teru

  • Whatsapp
Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh menyerahkan Kambing Boerka kepada Poktan Beruas dan Teru Kecamatan Simpang Katis untuk dibudidayakan diwilayah itu, Senin (24/02/2020).(foto: tamimi)

KOBA – Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh kembali menyerahkan program pemberdayaan masyarakat melalui Anggaran Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian RI berupa penyerahan kambing Boerka yang merupakan penyilangan dari kambing Boer Afrika dan kambing kacang dari Indonesia.

Kambing itu diserahkan kepada Kelompok Tani (Poktan) Beruas Sejati Desa Beruas dan Kelompok Tani Maju Sejahtera Desa Teru Kecamatan Simpang Katis Kabupaten Bangka Tengah.

Read More

Dalam serah terima bantuan itu, Bupati Ibnu Saleh didampingi Kepala BPTP Bangka Belitung, Suharyanto, Kepala Dinas Pangan Bangka Tengah Edi Romdoni dan Loka Penelitian Kambing Potong Medan serta penerima manfaat dari kelompok tani dan masyarakat.

“Penyerahan kambing Boerka kepada masyarakat dengan harapan dapat dikembangkan di wilayah Bangka Tengah. Kelompok Tani dalam melakukan pemeliharaan kambing ini harus memiliki ilmu dalam memelihara hewan ternak itu,” ujar Ibnu Saleh, Senin (24/02/2020).

Ia menanyakan pengalaman tentang beternak kambing kepada Salimin dan Samsul tentang memelihara Kambing Boerka sebelum diserahkan.

Katanya, tidak mudah untuk berhasil dalam memelihara Kambing Boerka. Tetapi Ia yakin akan kemampuan masyarakat Bangka Tengah dalam mengembangkan Kambing Boerka tersebut, sama seperti keberhasilan peternakan sapi yang ada di Bangka Tengah.

“Saya berpesan kepada kelompok yang menerima bantuan Kambing Boerka untuk bersungguh-sungguh dalam menerima tanggungjawab ini. Saya minta pendampingan penyuluh dalam memelihara kambing Boerka, sehingga ada pemantauan dari Kabupaten Bangka Tengah,” tukasnya. (ran/3)

Related posts