Bupati Serahkan Bantuan 6 Unit Kapal dan Alat Tangkap Ikan

  • Whatsapp
Bupati Bangka, Mulkan menyerahkan bantuan berupa kapal dan alat bantu tangkap dan budidaya ikan bagi para nelayan, Kamis (17/10/2019). (foto: istimewa)

 

SUNGAILIAT- Bupati Bangka, Mulkan menyerahkan bantuan berupa kapal dan alat bantu tangkap dan budidaya ikan bagi para nelayan yang terhimpun dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB). Penyerahan yang dilaksanakan di Lingkungan Kuday Sungailiat diserahkan langsung kepada ketua dari masing-masing KUB, Kamis (17/10/2019).

“Ini (bantuan -red) merupakan salah satu bukti kepedulian pemerintah kabupaten kepada para nelayan. Sehingga kedepannya tidak ada lagi nelayan yang tidak sejahtera,” ujar Mulkan saat memberikan sambutan pada acara penyerahan bantuan.

Selain itu juga, Mulkan berpesan bagi seluruh penerima bantuan dapat memanfaatkan bantuan tersebut secara maksimal. Karena menurutnya, banyak kelompok yang mengajukan bantuan tetapi tidak semua kelompok bisa mendapatkannya.

“Jadi gunakanlah bantuan ini bergantian dan secara bijak, jangan sampai malah menyebabkan perselisihan antar anggota kelompok. Kita juga akan mengawas pemanfaatan bantuan ini lebih lanjut, jangan sampai setelah menerima bantuan lalu dipindahtangankan ke orang lain,” pesan Mulkan.

Setidaknya ada enam kelompok usaha bersama yang menerima kapal berbahan fiberglass beserta mesinnya. Selain itu ada juga perlatan tangkap ikan berupa jaring dan coolbox yang diberikan kepada lima kelompok usaha bersama dan ditambah juga dua kelompok usaha bersama mendapatkan bantuan budidaya ikan berupa terpal, pakan ikan dan obat-obatan.

Jadi total penerima bantuan langsung tersebut berjumlah tiga belas kelompok usaha bersama. Disamping penyerahan bantuan, dilakukan juga pemberian asuransi bagi nelayan. Sebanyak 1568 kartu asuransi dibagikan kepada nelayan.

“Pemberian ansuransi ini merupakan salab satu bentuk perlindungan sosial bagi nelayan. Dengan total maksimal klain mencapai 200 juta diharapkan mampu menjadi jaminan keluarga para nelayan,” ungkap Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka, Sapran. (Dinkominfotik)

Related posts