Bupati: Pupuk Organik Bukan untuk Tanaman Saja

  • Whatsapp
Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh foto bersama sesaat sebelum Panen Cabai di salah satu kebun kelopok tani Cabai di Bangka Tengah pekan lalu.(foto: tamimi)

KOBA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) kembali menganjurkan kepada para petani dan peternak agar menggunakan pupuk organik cair jenis MA11 sebagai campuran pakan ternak.

“Pupuk organik MA11 bukan hanya untuk tanaman saja, namun bisa digunakan untuk pakan ternak sapi,” ujar Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh, Minggu (12/01/2020).

Read More

Dikatakannya, pupuk organik MA11 bisa digunakan untuk petani dalam membudidayakan tanaman hortikultura, pangan serta tanaman perkebunan. Sebagai pakan ternak dan lebih menguntungkan karena mampu menekan biaya penyediaan pakan ternak.

“Saat ini, MH11 bukan saja untuk tanaman hortikultura, dan pangan, tetapi bisa buat tanaman perkebunan. Untuk peternak, cukup mengeluarkan uang Rp500 per sapi, tentu ini sangat efisien dan lebih ekonomis dengan hasil yang lebih menguntungkan,” ungkapnya.

Dijelaskannya, Pemkab Bangka Tengah sudah mulai memproduksi MA11 dalam dua tahun ini untuk meningkatkan produksi tanaman petani terutama jenis hortikultura. Untuk tahun 2020 penggunaan pupuk MH11 lebih tinggi karena terbukti manfaatnya.

“Para petani sudah mulai terbiasa menggunakan MA11, hasilnya juga sesuai harapan hanya saja produksi masih sedikit,” tuturnya.

Ia menambahkan, produksi MA11 saat ini baru sekitar 1.000 liter per bulan, sementara kebutuhan melebihi dari jumlah produksinya.

“Setidaknya kita butuh memproduksi MA11 sekitar 20.000 liter per bulan dan target ini harus tercapai agar petani lebih sejahtera,” tukasnya. (ran/3)

Related posts