Bupati: Petani Silakan Berinovasi

  • Whatsapp

KOBA – Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh menghadiri kegiatan Temu Karya Tani bertema “Petani Milenial, Petani Sejahtera Bangka Tengah Unggul” di Gedung Serbaguna Pemkab Bangka Tengah, Rabu (23/10/2019).

Kegiatan itu bertujuan meningkatkan kemampuan para petani dan keluarganya dalam mewujudkan pertanian yang handal, tangguh dan mandiri. Selain itu, petani silakan membuat inovasi di bidang pertanian dan ternak.

“Berhasilnya Bangka Tengah dalam bidang pertanian sangat ditentukan oleh dukungan nyata dari bapak/ ibu semua baik pemerintah, masyarakat tani selaku pelaku utama maupun pihak lainnya,” ujar Ibnu Saleh disela-sela membuka acara Temu Karya Tani di Gedung Serbaguna Pemkab Bangka Tengah, Rabu (23/10/2019).

Kegiatan Temu Karya Tani setiap satu tahun tersebut merupakan pertemuan petani dan penyuluh antar Kecamatan Se- Kabupaten Bangka Tengah guna mengembangkan usaha tani dengan saling bertukar gagasan atau pengalaman.

“Temu karya diharapkan berperan penting dalam mendukung program yang telah dicanangkan oleh Pemkab Bangka Tengah melalui visi dan misi pembangunan Bangka Tengah khususnya dalam sektor pertanian dan pengembangan kelembagaan petani yang diharapkan semakin berkembang pula kemandirian kelompok tani, sehingga mampu melaksanakan fungsi dan perannya,” ungkapnya.

“Kegiatan ini merupakan wadah atau tempat saling bertukar informasi sesama petani dan kelompok tentang bagaimana cara mengembangkan hasil produksi pertaniannya,” sambungnya.

Diungkapkannya, untuk Dinas Pertanian dan Dinas Pangan betul-betul fokus dalam membina peternak dan petani biar petani ini benar bisa mandiri khususnya dalam menggunakan teknologi.

“Kepada Petani juga silakan membuat inovasi dibidang petani dan ternak, kami pemerintah memdukung penuh dalam bidang penggaran melalui anggaran desa,” ujar Ibnu.

Kepada penyuluh pertanian tolong dampingi petani agar para petani kita lebih sejahtera dan mandiri dalam bertani dan beternak. “Saya yakin penyuluh di Bangka Tengah adalah penyuluh yang sudah memenuhi kompetensi dibidangnya,” imbuhnya.

Dalam acara tersebut, juga dilakukan tanya jawab antara Bupati dengan petani dan penyuluh dalam menyerap kendala-kendala para petani dan peternak untuk pengembangan pertanian di Bangka Tengah.

Turut hadir Kepala Dinas Pangan, Sekretaris Pertanian, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Perwakilan Dinas pertanian Provinsi, Dinas Pangan Babel, Kepala BPTP Babel, Kabag Humas dan Protokol Setda, para Penyuluh Pertanian, dan Perwakilan 68 Gapoktan. (ran/3).

Related posts