by

Bupati Paparkan KEK Pariwisata di SMKN 1 Sungailiat

-Bangka-283 views
Bupati Bangka Tarmizi Saat bersama Kepala Kepala SMKN 1 Sungailiat Harsiah menandatangani MoU bidang pendidikan dan pelatihan, Jum’at (14/9/2018). (foto: istimewa)

 

SUNGAILIAT – Bupati Bangka Tarmizi Saat memaparkan tentang rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata di SMKN 1 Sungailiat, Jum’at (14/9/2018). Dia menjelaskan, tentang rencana pembangunan yang akan dilakukan dimulai dari Pantai Rambak hingga Pantai Rebo dengan berbagai fasilitas untuk wisatawan diantaranya lapangan golf, sport tourism, restoran dan lain-lain.

“Kabupaten Bangka tidak selamanya berharap dengan tambang timah karena sumber daya alam ini akan habis, untuk itu masa depan Kabupaten Bangka ada di sektor pariwisata. Pengembangan pariwisata dimaksudkan untuk meningkatkan perekonomian yang perlu dipersiapkan untuk menyongsong Kabupaten Bangka pasca timah,”katanya.

Saat ini, dia menjelaskan timah di Kabupaten Bangka sudah menipis, para penambang terus melakukan pengrusakan lingkungan untuk mendapatkan timah di kawasan hutan, sungai hingga fasiltas umum. Perubahan iklim global juga telah berdampak di Kabupaten Bangka, diantaranya sejumah tempat dilanda banjir saat musim hujan.

“Untuk menghentikan kegiatan penambangan, sebelumnya harus dipersiapkan kegiatan ekonomi lain sebagai pengganti sehingga masyarakat dapat beralih dari kegiatan penambangan kepada kegiatan ekonomi pengganti diantaranya pariwisata,”kata Tarmizi.

Untuk itu, Tarmizi mengharapkan dengan dibukanya KEK pariwisata nantinya di Pantai Timur Sungailiat akan menyerap banyak tenaga kerja dari Kabupaten Bangka. Karena katanya, ketika ada investasi bidang tapioka di Bangka, yang terserap kebanyakan adalah tenaga kerja dari luar Bangka.

“Lulusan SMK Negeri 1 Sungailiat nanti diharapkan dapat mengisi lowongan pekerjaan di KEK pariwisata yang nantinya bila sudah dikeluarkannya aturan oleh pemerintah pusat tentang KEK,”katanya.

Pemaparan tentang pembangunan KEK pariwisata yang disampaikan Bupati Bangka Tarmizi Saat, disambut antusias para siswa, dengan mengajukan berbagai pertanyaan terkait dengan pembangunan pariwisata, pendidikan dan bidang pembangunan lainnya.

Hadir dalam acara itu Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Bangka Tedy Sudarsono, Kepala Bappeda Kabupaten Bangka Pan Budi Marwoto, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Padli, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Kemas Arfani Rahman dan kepala OPD terkait lainnya.

Beasiswa di UGM

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Bangka Padli mengatakan, Pemkab Bangka sudah bertandang ke Bandung dan Jogjakarta dalam rangka menjalin kerjasama dengan sejumlah universitas.

“Kita punya satu-satunya SMK bisnis negeri yang ada di Bangka. Kedepan ada beasiswa S1 pariwisata. Sumber daya manusia ini perlu disiapkan,” kata Padli disela-sela acara penandatangan MoU tersebut.

Padli menambahkan, rencananya beasiswa ini akan digulirkan tahun depan. Siswa akan diseleksi dan dipilih untuk melanjutkan studi D3 dan S1 di Universitas Gadjah Mada Jogjakarta.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Sungailiat Harsiah menyampaikan kesediaannya untuk menyiapkan siswanya dalam program beasiswa pariwisata ini.

“Pada intinya kami menyiapkan SDM yang digunakan sebagai tenaga kerja tingkat menengah untuk menyambut KEK. Dengan adanya kerja sama Pemkab dengan SMK ini Pemkab bisa memberi bantuan dalam bentuk pelatihan kursus tenaga muda,” katanya. (snt/rus/humas/10)

Comment

BERITA TERBARU