Bupati Ibnu: Stop Pertambangan Ilegal

  • Whatsapp

KOBA – Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh meminta agar seluruh aktifitas pertambangan ilegal di wilayah Bangka Tengah untuk segera dihentikan.

“Semua yang bersifat ilegal harus dihentikan. Jika memang ingin beraktifitas harus ada izin dulu. Kami tidak menolak jika ada investor yang ingin berinvestasi di Bangka Tengah, tetapi patuhi melalui prosedur dan legal,” ujar Ibnu kepada wartawan belum lama ini.

Hal itu ditegaskan Ibnu, karena mengkhawatirkan kedepannya kegiatan tambang ilegal salah satunya di daerah bukit Muntil antara perbatasan Desa Munggu dan Lampur Kecamatan Sungaiselan, Bangka Tengah bisa menuai bencana banjir.

“Sekarang ini masuk musim hujan, jika terus dikerjakan bisa jadi bencana banjir. Ini yang harus kita antisipasi, jangan sampai ada bencana baru kita baru bertindak,” terangnya.

Ia pun menegaskan kepada kegiatan pengambilan pasir yang diduga ilegal di daerah bukit Muntel Kecamatan Sungaiselan. Pihaknya mengecam jika kegiatan tersebut masih berjalan.

“Sebaiknya diurus dulu izinnya jangan sampai jadi masalah. Kasian dengan masyarakat yang selalu jadi korban,” tuturnya.

Dia berharap bencana banjir yang melanda sejumlah titik di Bangka Tengah tahun 2016 lalu sebagai pelajaran, karena bencana tersebut salah satunya disebabkan oleh aktivitas tambang ilegal.

“Makanya, kami menyesalkan bila kegiatan tambang ilegal merajalela. Cukuplah itu jadi pelajaran jangan sampai terulang lagi,” ujarnya. (ran/10)

Related posts