Bupati Ibnu Saleh dan Petani Panen Jagung Pipil

  • Whatsapp


KOBA – Bupati Bangka Tengah (Bateng) Ibnu Saleh, beserta petani menggelar panen tanaman jagung pipil hasil budidaya di lahan SMPN 3 Simpang Katis Desa Pasir Garam Kecamatan Simpang Katis, Kamis (4/4).

“Permintaan pasar terhadap jagung pipil ini sangat tinggi memiliki prosfek ekonomi yang cukup bagus bila petani tekun dan fokus mengembangkannya,” ujar Bupati Ibnu Saleh disela-sela menghadiri kegiatan panen perdana jagung pipil pada lahan percontohan di Kecamatan Simpang Katis, Kamis (04/04/2019).

Dikatakannya, sampai sekarang produksi jagung pipil petani di Bangka Tengah tergolong masih rendah yaitu lima hingga enam ton per hektare.

“Jumlah produksi jagung ini masih tergolong rendah, bila melihat luasnya lahan yang bisa dimanfaatkan untuk membudidayakan tanaman jagung itu,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan jagung pipil merupakan investasi usaha jangka panjang bagi petani yang bisa menggerakkan roda perekonomian karena kebutuhan pasar sangat tinggi.

“Kebutuhan nasional terhadap jagung pipil sangat tinggi, sementara produksi petani belum mampu untuk memenuhi kebutuhan tersebut,” ucapnya.

Ia menambahkan, jagung pipil tersebut lebih banyak digunakan untuk pakan ternak dan industri pangan nasional, sehingga pasar jagung sudah sangat jelas.

“Pemerintah akan mengatur tata niaga jagung dan memperbaiki harga baik di tingkat pengumpul maupun pengecer, supaya tidak ada alasan jagung pipil tidak terserap di pasar domestik,” tukasnya. (ran/7).

Related posts