Bupati Dukung Pembangunan Asrama Mahasiswa UBB

  • Whatsapp

Kerjasama dengan UBB Diperkuat

SUNGAILIAT – Bupati Bangka, Tarmizi Saat menerima kunjungan Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB) Dr. Muh. Yusuf, Jumat (27/1/2017) di ruang kerja Bupati. Kedatangan Rektor UBB didampingi Wakil Rektor II Prof. Agus Hartoko, Wakil Rektor III Fadillah Sobri M. Eng, Dekan Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi Dr.Tri Lestari dan Dekan Fakultas Ekonomi Dr Reniati.

Kesempatan itu UBB menyampaikan sejumlah rencana pengembangan kampus serta untuk memperkuat kerjasama yakni MOU yang sudah ditandatangani dan saat ini terus berjalan dengan Pemkab Bangka.
Diantara rencana pembangunan yang akan dilakukan UBB yakni pembangunan asrama mahasiswa, pembangunan kebun binatang mini, membangun jalan serta penawaran kerjasama dibidang kelautan, ekonomi, pertanian dan tawaran kerjasama lainnya.

Bupati Bangka, Tarmizi Saat mengatakan, bersama alumni Yogyakarta sudah memiliki rencana ingin membangun asrama untuk mahasiswa guna menampung para mahasiswa yang kuliah berasal jauh dari kampus UBB seperti kecamatan Belinyu, Bakam, Sungailiat, Pemali dan sejumlah tempat lainnya di kabupaten Bangka.

Untuk itu ia mendukung rencana UBB membangun asrama bagi mahasiswa di lingkungan kampus UBB.
Sedangkan untuk pembangunan jalan dan lampu penerangan jalan menuju UBB, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pernah menjanji akan melakukan pembangunan.

Dijelaskannya, pembangunan asrama bagi mahasiswa itu penting agar mahasiswa yang jauh tempat tinggalnya dari kampus tidak pergi pulang setiap hari dengan kendaraan bermotor untuk mencegah tidak terjadinya kecelakaan lalulintas karena kondisi jalan yang sempit dan penyebab lainnya.

Disamping itu adanya keluhan dari sejumlah mahasiswa yang berasal dari luar Bangka tentang sewa kos – kosan serta makanan yang mahal yang perlu disikapi untuk dicarikan solusi. Bupati minta kepada UBB untuk membuat warung makan khusus bagi mahasiswa dengan harga murah, seperti yang ada di Yugyakarta.

“Kerja sama yang sudah terjalin dengan UBB, akan ditingkatkan lebih spesifik seperti dalam pengembangan lada, padi dan komoditi pertanian lainnya. Hal ini juga merupakan bagian dari upaya mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Sungailiat yang akan dimulai pembangunan pada tahun 2017, dikatakan Tarmizi saat ini diantaranya sedang akan dilakukan proses pembangunan sarana lapangan golf,” katanya.

Wakil Rektor III Bidang Kerjasama, Perencanaan dan Sistem Informasi UBB, Fadillah Sabri, mengatakan, ada beberapa pembicaraan pihak UBB dengan Bupati Bangka. Dikemukakannya, yang pertama yaitu terkait penyelamatan aset UBB dengan luas lahan 153 hektar yang semakin tahun semakin menyusut.

“Kami minta Pemkab Bangka bersama-sama menata ruang khususnya di kawasan Balun Ijuk. Kita sudah minta Pemkab Bangka untuk pengembangan kampus yaitu membangun sarana prasarana khususnya asrama mahasiswa,” kata Fadillah kepada wartawan usai melakukan pertemuan dengan bupati.

Ditambahkannya, kedua yaitu UBB meminta rekomendasi Pemkab Bangka untuk pengembangan sains dan tekhnologi terkait temua para dosen. Ia menginginkan Pemkab bermitra lebih kuat di bidang strategis dengan UBB.

“Dengan cara seperti ini kami berharap pemkab dan masyarakat Babel, khusunya di Bangka dapat sama-sama dengan UBB untuk memajukan daerah ini,” katanya.

Lebih lanjut Fadillah menuturkan, di 11 tahun usianya, UBB harus nyata keberadaannya. Dikatakannya, tahun depan UBB akan menambah dua fakultas dan ada keinginan mendirikan fakultas kedokteran dan pasca sarjana. Ia menambahkan, untuk kerjasama tentang pertanian, tentang masalah infrastruktur, masalah sosial, tidak usah ke perguruan tinggi luar Bangka.

“Memang jumlah mahasiswa semakin banyak. Kalau tidak ditata dari sekarang, khawatir ke depan semakin susah. Saat ini ada 19 program studi dengan 5 fakultas. Kita bersaing bukan hanya dengan perguruan tinggi baru. Kalau perguruan tinggi baru, 35 itu saya ketua dosen-dosennya, itu sudah rangking satu tapi kalau untuk di nasional kita sudah lakukan kerjasama denghn Malaysia, dengan Jepang, dengan Thailand. Semua negara Asia kita jajaki,” katanya. (rus/humas/snt/10)

Related posts