by

Bupati Beltim & Rektor UBB Tandatangani Kesepakatan

Bupati Beltim Yuslih Ihza menandatangani langsung Nota kesepakatan bersama Rektor UBB Dr.Muh Yusuf yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati Beltim, Rabu (1/8/2018). MoU ini tentang kerjasama bidang pendidikan, penelitian, pengembangan, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan pengabdian kepada masyarakat. (foto: dodi).

MANGGAR – Dalam upaya membangun kualitas sumber daya manusia (SDM), Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) meningkatkan kerjasama dengan Universitas Bangka Belitung (UBB) melalui nota kesepakatan bersama tentang kerjasama bidang pendidikan, penelitian, pengembangan, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan pengabdian kepada masyarakat.

Bupati Beltim Yuslih Ihza menandatangani langsung Nota kesepakatan bersama Rektor UBB Dr.Muh Yusuf yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati Beltim, Rabu (1/8/2018) tersebut.

Bupati Beltim Yuslih Ihza menyambut baik dan optimis kerjasama ini untuk membangun sumber daya yang ada di Beltim, dan menjadi landasan Pemkab Beltim dan UBB dalam menjalin kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, pengembangan, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan pengabdian kepada masyarakat.

“Kami menyambut baik kerjasama ini untuk membangun sumber daya yang ada di Beltim. Penyelenggaraan nota kesepakatan ini, dapat memberi kesempatan kepada putra-putri terpilih di Beltim untuk mendapat beasiswa di UBB,” kata Bupati Yuslih.

Bupati Yuslih berharap kerjasama ini membawa manfaat dan memberikan kesempatan dan kemudahan kepada generasi muda Beltim yang kurang mampu secara ekonomi atau calon mahasiswa yang berprestasi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Sementara itu, Rektor UBB Muh Yusuf mengatakan, pembangunan di berbagai sektor di Pulau Belitung ini dapat terlihat dengan jelas, terutama dalam bidang pariwisata, sehingga sangat dibutuhkan peran sumber daya manusia untuk lebih mengembangkannya.

Pihaknya berharap, dengan adanya kerjasama ini, dapat mendorong putra-putri di Beltim untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri di UBB.

“Kami melihat pembangunan di Pulau Belitung luar biasa, tentunya hal itu berkaitan dengan peningkatan SDM yang handal. Kami harap putra-putri daerah bisa memanfaatkan keberadaan UBB sebagai salah satu universitas negeri untuk melanjutkan pendidikannya,” pungkas Muh. Yusuf.

Pihak UBB juga akan membuka kesempatan seluas luasnya kepada lulusan SMA sederajat di Kabupaten Beltim yang berprestasi untuk diterima di jurusan/program studi yang ada di UBB termasuk menyediakan beasiswa bagi peserta didik.

“Kami berharap ada kebijakan dari Pemkab Beltim untuk bisa mengakomodir putra-putri daerah yang terpilih mendapatkan beasiswa,” tambahnya.

Disisi lain, Yusuf menyampaikan, rencana pendirian kampus UBB di Pulau Belitung terkendala aturan, sehingga belum dapat direalisasikan. Namun pihaknya tetap melakukan proses pengajuan akreditasi A.

“Dulu, kami berharap keberadaan salah satu fakultas kampus UBB dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Pulau Belitung, tetapi terkendala regulasi yang tidak memperbolehkan kampus terpisah, kecuali dalam satu kota. Kalau terpisah di kabupaten lain, itu tidak bisa. Sedangkan melalui sistem Program Studi Diluar Kampus Utama baik S1 dan D3 juga tidak mungkin, karena aturannya kampus harus terakreditasi A,” tukas Muh. Yusuf. (dny/3)

Comment

BERITA TERBARU